Selasa 26 Jan 2016 00:47 WIB

Mendagri Belum Pastikan Waktu Pelantikan Kepala Daerah

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Tjahjo Kumolo
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku belum dapat memastikan waktu pelantikan kepala daerah yang telah diusulkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menurutnya, penentuan waktu pelantikan kepala daerah tersebut masih dalam pembahasan bersama Sekretariat Negara.

"Sedang koordinasi dengan Sekneg untuk pastikan tanggal dan harinya," kata Tjahjo melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Senin (25/1).

Sebelumnya, ia menyatakan akan melantik kepala daerah terpilih pada Februari bagi daerah yang tak sedang menempuh jalur hukum di Mahkamah Hukum (MK) dan Maret bagi daerah yang ada sengketa hukum.

Selain itu juga, ada kemungkinan pelantikan menunggu daerah yang kepala daerahnya akan habis masa jabatannya pada Juni mendatang. Sementara, Komisioner KPU Ida Budhiati mengatakan KPU telah menetapkan pasangan calon terpilih daerah yang perkaranya telah ditolak oleh MK. Selain itu juga, penetapan diikuti dengan pengusulan calon kepala daerah kepada Kementerian Dalam Negeri.

"Sudah ditindalanjuti dengan penetapan paslon terpilih, secara bertahap ya sesuai dengan pembacaan putusan MK," ujar Ida.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement