Rabu 30 Dec 2015 10:15 WIB

Ini 7 Impian Indonesia yang Disimpan Presiden dalam Kapsul Waktu

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo di pintu pesawat kepresidenan.
Foto: Setkab
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo di pintu pesawat kepresidenan.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasukan tujuh butir rangkuman Mimpi Indonesia 2015-2085, kedalam Kapsul Mimpi yang akan ditanam di Lapangan Hapsana Sai Merauke, Papua.

Presiden Jokowi dalam acara peletakan Kapsul Mimpi di Lapangan Hapsana Sai Merauke, Papua, Rabu, meminta dua orang pelajar SD untuk membacakan tujuh butir Mimpi Indonesia 2085 itu.

Dua pelajar tersebut adalah Laher Fabiola Ogilin (11), siswi SD Hati Kudus Merauke dan Lois Ferdinand Kombombiran (11), siswa SD Hati Kudus Merauke. Dua pelajar tersebut bergantian membacakan rangkuman mimpi Indonesia, yang dimasukan dalam kapsul waktu dan baru akan dibuka pada tahun 2085.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak untuk mewujudkan mimpi dan harapan anak-anak bangsa dengan penuh keyakinan. Ia percaya jika diupayakan dengan segenap keyakinan seluruh impian pasti dapat terwujud.

"Sekarang menjadi tugas kita bersama untuk mewujudkan, bukan menunggu terwujud. Mimpi tidak akan terwujud dengan sendirinya, harus diupayakan dengan segenap keyakinan," kata Presiden Jokowi dalam acara peletakan Kapsul Mimpi di Lapangan Hapsana Sai, Merauke, Papua, Rabu (30/12).

(Baca: Tanam Kapsul Waktu, Jokowi: Impian Bisa Terwujud dengan Kerja Keras)

Presiden yang mengenakan kemeja putih dan tutup kepala khas Papua menyebutkan Indonesia adalah medan untuk mewujudkan berbagai mimpi tersebut.

"Kita harus tahu impian kita, terutama generasi muda, impian setiap provinsi menjadi pemamdu kemana bangsa ini akan dibangun ke depannya," katanya.

Presiden menyebutkan Gerakan 70 Tahun Indonesia Merdeka yang dicanangkan di Sabang dan berakhir di Merauke telah menghimpun berbagai mimpi dan harapan untuk 70 tahun ke depan.

"Impian bisa dicapai dengan kerja keras, integritas, etos kerja, kejujuran sehingga kita dapat bersaing dengan bangsa lain. Kompetisi adalah tantangan. Saya yakin kita mampu wujudkan impian itu," katanya.

Berikut rangkuman Impian Indonesia 2015-2085 yang ditanam dalam kapsul waktu:

1. Sumber daya manusia Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.

2. Masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.

3. Indonesia menjadi pusat pendidikan, teknologi dan peradaban dunia.

4. Masyarakat dan aparatur pemerintah yang bebas dari perilaku korupsi.

5. Terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.

6. Indonesia menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik.

7. Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

(Baca juga: Presiden akan Tanam Kapsul Waktu Impian Indonesia di Merauke)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement