Ahad 27 Dec 2015 00:13 WIB

Pengamat: Gabung Pemerintah, PAN Mungkin Dapat Kursi Menteri

Presiden Jokowi, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Foto: Republika/Prayogi
Presiden Jokowi, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PAN Aziz Subekti menyatakan, dua kader partainya akan masuk menjadi menteri dalam reshuffle mendatang. Menurut Aziz, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan akan menggantikan Ignasius Jonan sebagai menteri perhubungan, dan Wakil Ketua Komisi IX DPR Asman Abnur menggantikan Siti Nurbaya sebagai menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Independen Nusantara, Yasin Muhammad menyatakan, sangat besar peluang PAN untuk mendapatkan jatah menteri. Apalagi, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sudah menyatakan mendukung pemerintah. "Kalau PAN bergabung, lalu tak dapat apa-apa, rasanya tidak mungkin," kata Yasin kepada wartawan, kemarin.

Menurut dia, peluang kader PAN menjadi menteri semakin terbuka setelah melihat hubungan harmonis antara Zulkifli dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Megawati relatif dekat dan komunikatif dengan Zulkifli. Jadi kemungkinan dapat kursi itu besar sekali," katanya.

Selain itu, ia juga memprediksi Jaksa Agung HM Prasetyo bakal digantikan kader senior PKS, Al Muzzammil Yusuf. Itu lantaran PKS juga memastikan ikut mendukung pemerintah. Hanya saja, kata dia, kalau Siti dan Prasetyo diganti, hal itu bisa menimbulkan reaksi dari Partai Nasdem.

Yasin melanjutkan, Partai Golkar sepertinya akan meninggalkan Koalisi Merah Putih untuk menyeberang ke koalisi pemerintah. "Politik kan cair dan koalisi tidak ada yang abadi, yang abadi adalah kepentingan," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement