Ahad 30 Aug 2015 00:03 WIB

Dorong Pariwisata, DKP Bogor Usung Konsep Taman Tematik

Rep: C34/ Red: Julkifli Marbun
ilustrasi
Foto: Atlasobscura
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor mengusung konsep taman tematik untuk mengoptimalkan fungsi taman sebagai tempat wisata. Salah satunya, konsep heritage di Taman Kencana yang kini tengah direvitalisasi.

Kepala DKP Kota Bogor Irwan Riyanto berharap, konsep taman tematik itu akan mendorong masyarakat untuk mengunjungi taman. Terlebih, selama ini sejumlah komunitas di Kota Bogor juga telah memusatkan kegiatannya di taman-taman.

"Misalnya komunitas skater di Taman Kencana, ada juga komunitas pencinta burung di Taman Ahmad Yani," kata Irwan, Rabu (26/8).

Taman Ekspresi, yang terletak di lereng Lapangan Sempur, disebut Irwan bisa dioptimalkan untuk kegiatan para seniman dan budayawan. DKP menyatakan akan mendukung komunitas yang akan menghelat kegiatan kesenian di sana, seperti lomba musik dan semacamnya.

Sementara, konsep taman difabel, lansia, nursery, dan olahraga dipusatkan di Taman Heulang. Irwan mengatakan, taman itu termasuk salah satu dari tiga taman yang menyediakan fasilitas untuk penyandang difabel, selain Taman Pangrango dan Taman Kencana yang sedang dalam tahap renovasi hingga 27 November 2015.

Kepala Bidang Pertamanan DKP Kota Bogor Yadi Cahyadi menginformasikan, saat ini terdapat 32 taman aktif yang perawatannya menjadi tanggung jawab pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement