Rabu 10 Jun 2015 16:13 WIB

Merica Oplosan Resahkan Warga Garut

Rep: C10/ Red: Bayu Hermawan
Petani lada (ilustrasi)
Foto: Antara
Petani lada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Masyarakat Kabupaten Garus sedang diresahkan dengan beredarnya merica oplosan (palsu). Merica oplosan tersebut ramai dibicarakan karena diduga terbuat dari bahan tepung. Bahkan ada juga yang menduga terbuat dari bahan semen putih.

Kasi Pengendalian Penyehatan Lingkungan Tempat Umum Industri dan Tempat Pengelolaan Makanan, Bidang Kesehatan Lingkungan (Binkesling), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, Jakaria mengatakan, pada awalnya merica oplosan tersebut dilaporkan masyarakat pada Sabtu (6/6).

Mereka menemukan merica oplosan di Pasar Cibatu di Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut. Menurut Jakaria, pada sejak ditemukannya merica oplosan, media telah ramai memberitakan tentang merica oplosan.

Masyarakat dan pedagang pun resah dengan ditemukannya merica oplosan. Baru pada Senin dan Selasa pekan ini Binkesling Dinkes melakukan pemeriksaan ke Pasar Cibatu. "Setelah dilakukan pemeriksaan kami menemukan dua kilogram merica oplosan di Pasar Cibatu," ujar Jakaria kepada Republika, Rabu (10/6).

Jakaria menjelaskan, saat dilakukan uji sampel di pasar, sangat mudah membedakan merica oplosan dan asli. Konsumen atau pedagang bisa melakukan tes keaslian merica sendiri. Menurut Jakaria bau dan rasa merica oplosan tidak pedas. Selain itu, jika dilarutkan ke dalam air, merica oplosan akan mengembang lalu pecah.

Ia melanjutkan merica oplosan warnanya memang putih, akan tetapi belum dapat dipastikan apakah bahan campurannya menggunakan semen putih atau tepung. "Dari pengecekan yang dilakukan Dinkes Kabupaten Garut, secara kasat mata bahan campurannya nampak seperti tepung," katanya.

Saat ini sampel merica oplosan yang diambil dari Pasar Cibatu telah diserahkan oleh Dinas Kesehatan ke Badan Ketahanan Pangan (BKP) di Bandung. Jakaria mengatakan, untuk mengetahui campuran dan kandungan yang ada pada merica oplosan, harus menunggu hasil tes laboraturium BKP.

Jakaria menambahkan, di pasar-pasar lain yang ada di Garut belum ada laporan ditemukan merica oplosan. Baru ditemukan di Pasar Cibatu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement