Ahad 03 May 2015 06:29 WIB

Presiden Jokowi akan Kunjungi Ambon Buka Rakernas Apeksi

 Presiden Jokowi memberikan sambutannya dalam pembukaan Konferensi Parlemen Asia Afrika di gedung Nusantara DPR, Jakarta, Kamis (23/4).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Presiden Jokowi memberikan sambutannya dalam pembukaan Konferensi Parlemen Asia Afrika di gedung Nusantara DPR, Jakarta, Kamis (23/4).

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang akan berlangsung di Ambon, 5-10 Mei 2015.

Berdasarkan rapat terakhir yang dilakukan Panitia Pusat Rakernas Apeksi dan Sekretariat Kepresidenan dipastikan Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke Ambon, sekaligus membuka Rakernas Apeksi, kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di Ambon, Sabtu (3/5).

"Jadi dipastikan Presiden Joko Widodo akan membuka secara resmi rakernas Apeksi pada 7 Mei di Ambon," katanya.

Menurut dia, presiden akan memberikan sambutan, sekaligus membuka secara resmi Rakernas dan melakukan grand Launching Mangente Ambon 2015. Selain itu, juga akan dilakukan pembagian Kartu Indonesia sehat, Indonesia Pintar dan kartu Indonesia Sejahtera.

Kehadiran Presiden, kata Richard akan didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja. Di antaranya Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perindungan Anak Yohana Yembise, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

"Akan hadir juga Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya," katanya.

Terkait pengamanan Presiden kata Richard, Pemkot Ambon telah meminta bantuan dari Kodam XVI Pattimura dan Polda Maluku untuk melakukan pengamanan di areal kegiatan rakernas, hotel tempat menginap peserta maupun di sejumlah lokasi yang akan menjadi tempat kunjungan presiden.

"Pengamanan yang dilakukan disesuaikan standar operasional prosedur seorang kepala Negara. Kami berharap masyarakat untuk tidak merasa terganggu dengan pengamanan yang dilakukan atas kunjungan orang nomor satu di Indonesia," ujarnya.

Dia menambahkan, Rakernas Apeksi dijadwalkan dihadiri 98 pemerintah kota (pemkot) anggota Apeksi. Dari 98 keanggotaan Apeksi sedikitnya enam Pemkot yang belum mengkonfirmasikan kehadiran wali kota maupun delegasinya di Ambon.

"Berbagai persiapan acara telah dilakukan dengan Even Organiser (EO) untuk rakernas dan Indonesia City Expo yakni karnaval budaya, pentas seni, ladies program, dan pelaksanaan city tour," ujar Richard.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement