REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Sebagian besar masyarakat ternyata mengetahui keberadaan serta fungsi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dari iklan televisi.
"Televisi menjadi menjadi sumber informasi utama soal BPJS Kesehatan,"kata Direktur Komersial I PT Sucofindo M Heru Riza Chakim, Sabtu (3/1).
Ia mengatakan hal tersebut berdasarkan survei terhadap 10.202 responden terkait kesadaran masyarakat mengenai BPJS Kesehatan dari 12 divisi regional di seluruh Indonesia. Sebanyak 95 persen di antaranya bahkan mengaku telah mengenal BPJS Kesehatan dengan baik.
Survei yang dilakukan pada 28 Oktober sampai 30 November 2014 ini, ujar Heru, dilakukan untuk mengevaluasi awareness atau keingintahuan dan efektivitas iklan serta sosialisasi BPJS kesehatan.
Kelompok pekerja sektor formal ternyata mempunyai keinginan untuk mengetahui BPJS kesehatan yang tertinggi. Kemudian, sumber informasi BPJS Kesehatan rata-rata berasal dari teman atau keluarga. Sedangkan, media sosial seperti Facebook, YouTube, dan Twitter sebagai sumber informasi ketiga.