Jumat 26 Dec 2014 17:51 WIB

Terkait Dugaan Pencucian Uang Fuad Amin, Ini Penjelasan KPK

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto.
Foto: Republika/ Wihdan
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto membenarkan bahwa kasus jual beli gas di Gresik dan Bangkalan yang menjerat Ketua DPRD Bangkalan, Fuad Amin dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPRD Bangkalan.

Meski demikian, dia mengaku KPK belum menjadwalkan pemeriksaan terhadap Makmun. KPK masih melakukan pendalaman sejauh mana dugaan keterlibatan Makmun dalam kasus tersebut. "Kami masih melakukan pendalaman untuk sampai ke sana," kata Bambang Widjojanto.

Tokoh yang kerap disapa BW ini mengatakan bahwa KPK mengeluarkan surat perintah penyidikan (sprindik) baru untuk Fuad Amin Imron. Sprindik baru untuk Fuad terkait tindak pidana korupsi dalam konteks kapasitasnya sebagai penyelenggara negara. Dari titik itu, kata dia, KPK akan menarik kasus tersebut dari sejak Fuad menjadi kepala daerah.

Besar kemungkinan, Fuad akan dijerat tindak pidana pencucian uang (TPPU) atas keluarnya sprindik baru tersebut terkait kapasitasnya sebagai mantan Bupati Bangkalan dua periode. Bambang mengaku, penyidik KPK masih dalam proses untuk terus menganalisa dan mengkaji terkait adanya indikasi TPPU Fuad Amin.

Bambang juga membenarkan, dua mobil yang disita dari rumah Fuad di Bangkalan berkaitan dengan penyidikan barunya. "Kasus yang menjerat Fuad, pertama suap jual beli gas, kedua tipikor dalam konteks kepala daerah dan apakah ada upaya pencucian uang. Nah kalau ada kemungkinan penyelidikan TPPU," ujarnya.

Dua hari lalu, KPK telah menyita beberapa harta milik Fuad Amin Imron yang diduga berasal dari TPPU. Selain dua mobil di Bangkalan, lembaga antikorupsi itu juga menyita lima mobil dan satu motor milik Fuad yang berada di Jakarta.

Mobil yang disita dari Jakarta itu yakni Toyota Alphard warna silver bernomor polisi B 1250 TFU, Suzuki Swift warna putih B 1683 TOM, Toyota Kijang Innova warna hitam B 1824 TRQ, Toyota Camry Hybrid warna hitam B 1341 TAE, Honda CRV warna hitam B 1277 TJC. Sementara satu motor yang disita berjenis motor sport Kawasaki Ninja.

Sementara dua mobil milik Fuad disita dari rumah mewah milik Ketua DPRD Bangkalan itu di Kampung Sak-Sak Kelurahan Kraton Kecamatan Kota, Kabupaten, Bangkalan, Jawa Timur. Dua mobil yang disita yakni Toyota Alphard Nomor Polisi L 1956 M warna putih dan Toyota Innova Nomor Polisi M 1299 GC warna silver.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement