Jumat 14 Nov 2014 18:20 WIB

Tiap Satu Menit, Ahok Dapat 40 Ucapan Selamat dari Netizen

Rep: c01/ Red: Bilal Ramadhan
Basuki Tjahaja Purnama, (Ahok).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Basuki Tjahaja Purnama, (Ahok).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-– Pengguna Twitter menyambut gembira atas diumumkannya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta, hari ini (14/11).

Dalam satu menit, Awesometrics mencatat ada 40 ucapan selamat yang ditujukan untuk Ahok oleh para netizen melalui tagar #Gubernur Ahok. Hanya dalam delapan jam saja, terhitung sejak twit pertamanya pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, mention yang menggunakan tagar #Gubernur Ahok sedah menembus angka 20 ribu.

Awesometrics juga memperkirakan percakapan ini melalui tagar ini menjangkau 20 juta akun Twitter, yang berarti ada 20 juta akun yang menyimak percakapan dengan tagar #Gubernur Ahok ini. “Puncak percakapan seusai pengumuman Ahok menjadi gurbernur, pada pukul 14.00 WIB,” jelas perwakilan dari Awesometrics Rizki Dafinta, Jumat (14/11).

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Awesometrics, twit pertama tagar #GubernurAhok ditengarai berasal dari akun @hasbyabdillah dan @kurawa. Viralnya tagar #GubernurAhok juga tak lepas dari peran pemilik akun @kurawa.

Karena, dari pantauan Awesometrics, mention dari akun @kurawa  yang paling banyak diretweet oleh netizen, yaitu sebanyak 857 retweet dari semua cuitannya. Seperti yang telah diketahui, Ahok sebelumnya menjabar sebagai wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Joko Widodo (Jokowi).

Setelah Jokowi resmi menjadi presiden RI, maka Ahok naik menggantikan Jokowi sebagai Gubernur. Akan tetapi, dalam proses diangkat menjadi Gubernur, Ahok mendapatkan hambatan yang cukup banyak. “Tagar #GubernurAhok pun menjadi medium bagi netizen untuk menyampaikan dukungannya,” terang Rizki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement