Rabu 12 Nov 2014 01:30 WIB

Indra J Piliang: Tidak Saintifik Sebut Video Pidato Jokowi di Apec Terpopuler

Indra J Piliang
Foto: Agung Fatma Putra/Republika
Indra J Piliang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pakar politik, Indra J Piliang, menegaskan tidak tepat menyebut video Presiden Jokowi berpidato di Apec terpopuler sepanjang sejarah. Untuk mencapai kesimpulan tersebut dibutuhkan bukti dan analisis yang matang.

“Ini juga tidak scientifik,” imbuhnya dalam akun twitter  @IndraJPiliang, Selasa (11/11). Dirinya mempertanyakan, apakah video-video sejak tahun 1989 diungguh? “IQ??? ~» Video Jokowi Terpopuler Sepanjang Sejarah APEC,” tulisnya dalam cuitan twitter.

Pihaknya mengecek beberapa info soal APEC. Foto-foto sejak tahun 1989 saja tidak lengkap. “Apalagi pidato. Jadi, tidak pas berita soal pidato Jokowi terpopuler itu,” imbuhnya.

Selain itu, dia menyatakan jumlah klik di youtube tidak dapat dijadikan patokan bahwa pidato itu terpopuler sepanjang sejarah. “Sementara pidato-pidato sejak 1989 tak diungguh,” paparnya.

Sejumlah media massa memberitakan Presentasi Presiden Joko Widodo di hadapan ratusan CEO negara-negara Asia Pasifik menjadi video terpopuler dan paling banyak ditonton dibandingkan video lainnya sepanjang sejarah KTT Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) memiliki akun resmi di YouTube.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement