Selasa 26 Aug 2014 16:00 WIB

Ssttt, Misteri Gunung Padang akan Diungkap Sebelum SBY Lengser

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Situs Gunung Padang
Foto: Antara
Situs Gunung Padang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Misteri Gunung Padang yang terletak di Kabupaten Cianjur-Jabar, ditargetkan bisa terungkap sebelum Presiden SBY mengakhiri masa tugasnya. Saat ini, Pemprov Jabar terus mengawal proses penelitian di gunung yang memperoleh perhatian dunia tersebut. 

''Sebelum SBY turun, dan serah terima jabatan, kami berharap sudah terungkap ada apa sih didalamnya,'' ujar Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar kepada wartawan, Selasa (26/8).

Menurut Deddy, penelitian Gunung Padang saat ini sedang terus dilakukan oleh Tim Nasional (Timnas). Pemprov Jabar, diminta oleh Presiden SBY untuk  mengawal Gunung Padang ini. Anggota tim dari TNI pun, diikut sertakan untuk kontruksi dan pengamanan.

Terkait anggaran, kata dia, pendanaan semuanya dari pusat. Pemprov Jabar, hanya bertugas untuk menganggarkan dana membebaskan tanah di awal. ''Kemarin kan ga kepakai untuk pembebasan lahan, Rp 3 miliar. Kita ikuti permennya seperti apa,'' katanya.

Dikatakan Deddy, setelah ada Permen maka menjadi jelas pengelolaan dan pemeliharaan Gunung Padang dilakukan oleh Kemdikbud. Untuk lokasi penelitian, di Permen diperluas menjadi 29 hektare. Sementara,  Pergub hanya 25 hektare.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement