Kamis 27 Jul 2023 23:02 WIB

Setelah Longsor, Objek Wisata Gunung Padang Kembali Dibuka

Gunung Padang termasuk salah satu objek wisata andalan di Kota Padang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Foto udara warga melewati jembatan darurat yang baru dibangun akibat jalan longsor, di Nagari Gunung Padang Alai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (14/3/2023).  Jalan penghubung Kota Pariaman dengan Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Agam tersebut longsor akibat curah hujan tinggi dan warga membuat jembatan darurat untuk kendaraan roda dua serta pejalan kaki. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/tom.
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Foto udara warga melewati jembatan darurat yang baru dibangun akibat jalan longsor, di Nagari Gunung Padang Alai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (14/3/2023). Jalan penghubung Kota Pariaman dengan Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Agam tersebut longsor akibat curah hujan tinggi dan warga membuat jembatan darurat untuk kendaraan roda dua serta pejalan kaki. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/tom.

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG-- Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani mengatakan, pihaknya telah membuka kembali objek wisata Gunung Padang pasca bencana longsor dua pekan lalu. Menurut Yudi, material longsor yang menutupi akses ke objek wisata Gunung Padang sudah dibersihkan petugas.

"Akses ke Gunung Padang Sudah Mulai lancar pasca beberapa hari pembersihan dari material longsor," kata Yudi, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga

Walau sudah dibuka, Yudi mengingatkan pengunjung agar tetap waspada bila mendatangi Gunung Padang. Terutama saat cuaca ekstrem yang kerap menerpa Kota Padang dalam beberapa bulan terakhir.

Diketahui, bencana longsor dan pohon tumbang terjadi pasca hujan dan angin kencang pada Jumat 14 Juli 2023 lalu. Salah satu titik longsor menghambat akses ke objek wisata Gunung Padang.

Selama beberapa hari, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang melakukan pembersihan material longsor dan pohon tumbang yang menghambat akses jalan di kawasan menuju objek wisata Gunung Padang, di Kecamatan Padang Selatan.

Objek wisata Gunung Padang termasuk salah satu objek wisata andalan di Kota Padang. Selain pemandangan indah, di Gunung Padang terdapat makam legendaris Siti Nurbaya dan Bunker peninggalan zaman penjajahan Jepang. 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement