Kamis 07 Nov 2019 02:15 WIB

Ini Hal Dasar yang Harus Dipahami Petugas Sedot WC

Tindakan menyulut koran yang terbakar ke dalam lubang septic tank sangat fatal.

Rep: Febryan A/ Red: Andi Nur Aminah
Neni Sintawardani, peneliti LIPI
Foto: Twitter
Neni Sintawardani, peneliti LIPI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Neni Sintawardani, menilai, tindakan petugas sedot WC yang menyulut koran dalam kondisi terbakar ke dalam lubang septic tank sangat ceroboh dan fatal. Ia pun menduga hal itu dilakukan lantaran ketidaktahuannya bahwa terdapat gas metana, yang mudah terbakar, di dalam septic tank.

"Perusahaan jasa sedot WC seharusnya memberi tahu petugasnya untuk berhati-hati saat menyedot tinja. Seperti jangan merokok saat bekerja, apalagi melontarkan api ke dalam septic tank," kata Neni ketika dihubungi Republika.co.id, Rabu (6/11).

Baca Juga

Ledakan septic tank yang terjadi di wilayah Cakung, Jakarta Timur, telah merenggut satu nyawa petugas sedot WC. Ledakan terjadi lantaran petugas tersebut melempar api ke dalam septic tank.

Neni juga mengingatkan bahwa petugas sedot WC seharusnya mengecek saluran atau corong buangan gas septic tank sebelum melakukan penyedotan. Petugas harus memastikan bahwa gas keluar dari saluran itu. "Minimal dia tahu gas itu tersalurkan ke luar. Sehingga saat dia menyedot akan lebih aman karena ruang kosong yang terjadi di dalam septic tank akan diisi oleh udara biasa," ujar Neni.

Adapun cara untuk memastikan gas keluar dari saluran buangan itu bisa dilakuan dengan dua cara. Pertama, bisa diketahui jika tercium bau gas H2S atau bau kentut. "Kedua, melakukan cara sederhana dengan menyalurkan gas itu ke botol berisi air. Nah, kalau timbul gelembung, itu berarti ada gasnya. Itu sederhana sekali, pelajaran tingkat SMA," terang Neni.

Neni menambahkan, menyelut api ke dalam septic tank, tak hanya berbahaya, tapi juga menghilangkan fungsi septic tank itu sendiri. Sebab, api akan membakar habis mikrobiologi yang ada dalam septic tank. Padahal mikrobiologi itu berfungsi untuk mengurai tinja menjadi air dan gas.

"Kalau dihabiskan total, maka tidak jadi septic tank lagi, tapi akan jadi semacam kotak penampung tinja saja," katanya.

Ledakan terjadi di rumah warga di Kapling O RT16/RW03 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Senin (4/11). Ledakan septic tank itu merenggut nyawa petugas sedot WC setelah ia sendiri memasukkan api kedalam septic tank. Petugas berinisial S itu tewas seketika di lokasi kejadian. Wajahnya hangus terbakar usai terkena ledakan dan jatuh ke dalam septic tank.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement