Sabtu 12 Apr 2014 23:35 WIB

Roy Suryo Resmikan Festival Langkisau

Roy Suryo
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Roy Suryo

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN-- Menteri Pemuda dan Olah Raga Roy Suryo membuka pergelaran nasional, Festival Langkisau XII/2014 di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pada Selasa (15/4).

"Ya, sebelum membuka Festival Langkisau 2014, Roy Suryo juga akan menghadiri rapat pleno Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten setempat terkait hari jadi Pesisir Selatan di Gedung Olah Raga Zaini Zein Painan pada hari yang sama," kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni, Budaya, Pemuda, dan Olah Raga Pesisir Selatan Gunawan di Painan, Sabtu.

Pembukaan perhelatan besar kabupaten itu akan dilakukan di Pelataran Parkir Kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Ia menjelaskan tujuan Festival Langkisau yang digelar setiap tahun itu, untuk mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki kabupaten setempat.

Selain itu, katanya, untuk memperkenalkan produk andalan kabupaten setempat kepada banyak orang yang berada di luar daerah. Dia mengakui, promosi tersebut penting untuk mengenalkan daerah dan potensi yang dimiliki kepada banyak orang.

Tanpa adanya upaya tersebut, katanya, potensi wisata yang dimiliki kabupaten itu tidak akan dikenal oleh banyak orang, begitu juga dengan potensi lainnya. "Kita berharap dengan pagelaran berskala nasional ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke daerah ini ke depan dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Kepala Bidang Pariwisata Devi Fachriardi menyebutkan pada perhelatan itu akan digelar berbagai kegiatan pariwisata, olah raga, seni, dan budaya. Berbagai kegiatan itu, katanya, dipadukan menjadi satu hingga menjadi pagelaran nasional.

Ia menjelaskan untuk olah raga, antara lain akan digelar lomba renang di laut lepas, selaju sampan (lomba perahu dayung), dan voli pantai. Untuk seni budaya, katanya, akan digelar lomba randai, debus, dan pergelaran rabab pasisie.

Ia menjelaskan untuk meramaikan lokasi, panitia juga menyediakan tenda-tenda kecil bagi pedagang kecil, untuk menjual berbagai makanan atau kuliner dan produk unggulan lainnya. Selain itu, katanya, di sekitar lokasi juga disediakan tenda-tenda pameran untuk para pengusaha industri rumah tangga dalam mempromosikan barang-barang industrinya.

"Saat ini persiapan kita sudah hampir rampung, paling tidak hanya tinggal 10 persen lagi. Hanya sebagian kecil saja tenda-tenda pedagang kecil yang belum terpasang," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement