Sabtu 22 Feb 2014 17:51 WIB

Alhamdulillah.. Pengungsi Kelud Dapat Bantuan Genting Donasi ACT

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Didi Purwadi
Kerusakan akibat letusan Kelud
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Kerusakan akibat letusan Kelud

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Warga Desa Satak, Kecamatan Puncu, kabupaten Kediri, Jawa Timur segera mendapatkan distribusi genting untuk perbaikan atap rumah mereka.

 

Hingga Sabtu (22/2), sedikitnya 100 ribu buah genting donasi dari tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) telah terdisitribusi di balai desa setempat.

 

Tahap pertama bantuan genting ini telah turun dari 18 truk pengangkut di Balai Desa Satak. “Jumlahnya mencapai 100 ribu buah genting,” ujar Kepala Desa Satak, Sujarno.

 

Material ini selanjutnya segera didistribusikan kepada warga yang atap rumahnya mengalami rusak berat akibat dampak erupsi Gunung Kelud.

 

Total penerima bantuan genting ini ada 945 rumah. “Di desa ini ada 615 unit rumah rusak berat yang memerlukan 1.000 genting,'' katanya. ''Ada 330 rumah rusak ringan dan akan mendapatkan 500 buah genting,” jelasnya.

 

Vice Presiden ACT Foundation, M Insan Nurrohman, mengatakan 100 ribu buah genting ini marupakan tahap pertama dari total bantuan awal 210 ribu buah genting yang akan disalurkan untuk warga desa Satak dan Puncu.

 

Kedua desa ini merupakan wilayah terparah terkena dampak material vulkanis yang dimuntahkan dari kawah Gunung Kelud.

 

Rencananya sebanyak 110 ribu genting didistribusikan untuk warga Desa Satak dan 100 ribu genting untuk warga Desa Puncu.

 

“InsyaAllah, rumah-rumah rusak di kedua desa ini akan segera tertangani setelah menerima genteng,” tambah Insan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement