Senin 23 Sep 2013 18:54 WIB

49 Calon Komisioner KPU Kota Tangerang Jalani Tes Kesehatan

Rep: Nurhamidah/ Red: Djibril Muhammad
KPU
KPU

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak 49 orang calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang yang lolos seleksi administrasi menjalani tes kesehatan pada 23–24 September 2013.

Pemeriksaan kesehatan terbagi dua bagian yaitu 25 pada Senin (23/9) dan 24 pada Selasa (24/9) di RSUD Kabupaten Tangerang.

Ahmad Nizar, Bagian Humas RSUD Kabupaten Tangerang tim seleksi anggota komisioner KPU Kota Tangerang telah menunjuk langsung rumah sakit tersebut untuk melakukan tes kesehatan.

"Tes kesehatan selama dua hari diikuti 49 orang. Pada hari ini ada 25 orang dan besok ada 24 orang,"

katanya kepada Republika, Senin (23/9).

Dia mengatakan sudah memperoleh nama – nama anggota yang akan melakukan tes kesehatan sesuai dari pihak tim seleksi.

Pihak RSUD sudah menyiapkan sarana penunjang untuk tes dan pemeriksaan tersebut. Ada beberapa tahapan pemeriksaan yang harus dijalani setiap calon. Menurut dia terdiri dari pemeriksaan fisik maupun tes mental.

Adapun untuk pemeriksaan kesehatan terdiri dari tes darah, tes urine, rontgen torax, pemeriksaan mata dan tes mental melalui psikotes. Pada hari pertama tes pemeriksaan 25 orang peserta semuanya mengikuti rangkaian pemeriksaan.

Koordinator Tim Pemeriksaan Kesehatan dari RSUD Kabupaten Tangerang, dr Serita Ginting menuturkan pemeriksaan untuk calon anggota KPU hampir sama dengan calon legislatif (caleg).

"Ada pemeriksaan fisik dan tes mental. Untuk tes mental dengan tes MMPI seperti caleg dulu," tuturnya saat ditemui Republika di RSUD Kabupaten Tangerang.

Sedangkan untuk tes kesehatan fisik mencakup pemeriksaan Paket C yang meliputi tes darah, tes urine (narkoba), rekam jantung, dan rontgen torax.

Untuk pemeriksaan fisik setiap orang membutuhkan waktu sekitar dua jam. Sementara untuk tes kesehatan mental dengan metode tes MMPI (Minnesota Multifase Personality Inventory) adalah 1,5 jam untuk menjawab 350 soal.

Hasil pemeriksaan akan diserahkan pada tim seleksi dua hari setelah pemeriksaan. Sebelumnya tim dokter akan menganalisis dan menyimpulkan tes kesehatan setiap calon secara jasmani maupun rohani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement