Senin 16 Sep 2013 20:55 WIB

KPUD Pastikan Rekapitulasi Suara di PPS Sesuai Jadwal

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Djibril Muhammad
Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Setelah Ahad (15/9) sempat ada Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan yang menunda rekapitulasi perhitungan suara, Senin (16/7), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) memastikan rekapitulasi suara di semua PPS rampung sesuai jadwal.

Komisioner KPUD Kota Bogor Divisi Hukum, Siti Natawati, membenarkan adanya penundaan rekapitulasi suara di sejumlah PPS.

"Ahad (15/9) siang, KPUD memanggil semua ketua Panitia Penyelenggara Kelurahan (PPK) untuk mengecek kesiapan masing-masing kecamatan menggelar rekap suara di tingkat PPS. Sebab, ada PPS yang sekretariatnya di kantor kelurahan sedang direnovasi," kata Siti menjelaskan.

Informasi rapat ini, kata Siti, ditindaklanjuti bervariasi oleh PPK. Ada ketua PPK tetap meminta PPS melanjutkan rekapitulasi suara di hari pertama sesuai jadwal, Ahad (15/9) ada juga yang meminta PPS menunda rekapitulasi untuk dilakukan di hari ke dua, Senin (16/9). "Kami pastikan hari ini semua PPS selesai merekap," ungkap Siti.

Hingga Senin siang, semua PPS di Kecamatan Bogor Timur, Bogor Barat, Bogor Tengah, Bogor Selatan, dan Tanah Sareal sudah selesai melaksanakan. Sementara PPS di Kecamatan Bogor Utara masih melangsungkan perhitungan suara.

Sekretaris PPS Kelurahan Tegal Gundil Kecamatan Bogor Utara, Andrianayah, membenarkan adanya penundaan rekapitulasi suara. "Saya menerima sms dari PPK untuk menunda rekap kemarin. Informasi itu lalu diteruskan ke para ketua pemungutan suara (TPS).  Sehingga rekap baru dilaksanakan hari ini," kata Andriansyah menjelaskan.

Rekapitulasi di PPS Kelurahan Tegal Gundil berjalan lancar. Dari 18.951 pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang tersebar di 48 tempat pemungutan suara (TPS), 10. 937 orang menggunakan hak pilihnya. Suara sah sebanyak 10.240 suara. Sementara suara tidak sah berjumlah 697 suara.

Dari hasil rekapitulasi, suara terbanyak diraih pasangan Bima Arua-Usmar Hariman dengan 4.083 suara. Disusul Achmad Ru'yat-Aim H Hermans 3.068 suara, Dody Rosadi-Untung W Maryonk 1.867 suara.

Dua pasangan calon jalur perseorangan Firman S Halim-Gartono mendapat 568 suara dan pasangan Syaiful Anwar-Muztahidin memperoleh 658 suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement