Jumat 13 Sep 2013 15:22 WIB

Anies: Pesan Terakhir Ayah, Jangan Pernah Lepaskan Amanat

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: A.Syalaby Ichsan
Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan
Foto: Republika/Palupi
Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Anies Baswaden mengenang almarhum ayahnya selama masih hidup. Ia juga mengaku sempat bertemu ayahnya sekitar dua minggu yang lalu. 

"Terakhir ketemu dua minggu lalu, pesannya selalu jalan terus, saya juga mendikusikan aktivitas terakhir. Pesan beliau selalu jalan terus, maju dengan baik dan benar. Jangan pernah melepaskan amanat," katanya usai melakukan sholat jenazah di masjid Al-Ittihad yang tak jauh dari rumah duka di Jalan Kaliurang Km 5, gang Grompol no 18, Yogyakarta, Jumat (13/9).

Menurutnya, Rasyid Baswaden juga merupakan sosok yang tegas dan sederhana. Almarhum dinilai sangat berani dalam berbagai hal dan selalu tawadhu. "Beliau biasanya yang khutbah disini (masjid Al-Ittihad), namun kali ini ke masjid bukan untuk khutbah," tambahnya. 

Ia mengatakan, almarhum sebelum meninggal telah dirawat di rumah sakit Sarjito Yogyakarta. Namun, sekitar pukul 04.30 WIB, almarhum dinyatakan meninggal. "Tidak ada sakit khusus hanya memang mengalami struk sejak dua tahun lalu. Dan dua bulan lalu juga mengalami struk ringan," tambahnya. 

Rasyid Baswedan lahir di Kudus pada 21 September 1934. Ia sudah pensiun dari mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII). Almarhum dan keluarganya telah tinggal di Jalan Kaliurang Km 5, gang Grompol no 18, Yogyakarta sejak 1976. 

Di rumah duka, puluhan karangan bunga juga terlihat dari berbagai kalangan. Seperti dari SBY dan Ani bambang yudhoyono, Jusuf Kalla, Roy Suryo, dan Amir Syamsudin.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement