Senin 02 Sep 2013 07:11 WIB

Hari Ini, Jokowi Bakal Resmikan Pasar Blok G

Rep: Halimatus Sa'diyah / Red: A.Syalaby Ichsan
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta.
Foto: beritajakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hari ini dijadwalkan akan meresmikan Pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kegiatan peresmian pasar tersebut diagendakan dimulai pukul 08.00 WIB, Senin (2/9).

Ratusan pedagang yang merupakan mantan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Tanah Abang sejak kemarin mulai berjualan di pasar yang dulunya sempat 'mati' tersebut.

Sebelum menempati kios, mereka telah melewati serangkaian tahapan agar bisa berjualan di pasar milik PD Pasar Jaya itu. Mulai  administrasi, verifikasi, hingga pengundian kios. 

Pemindahan PKL ke dalam Pasar Blok G sendiri merupakan program relokasi dari pemerintah Jakarta. Sebab, ratusan PKL tersebut dulunya berdagang di badan jalan hingga membuat lalu lintas di Tanah Abang semrawut. 

Agar PKL mau direlokasi ke dalam pasar, pemerintah pun harus memutar otak demi menarik minat mereka. Misalnya, dengan merekayasa arus lalu lintas untuk mempersempit ruang gerak PKL di jalanan, menggratiskan biaya sewa kios untuk enam bulan pertama, dan mempercantik tampilan pasar agar menarik minat pembeli.

Tak hanya itu, Gubernur Jokowi bahkan berjanji akan menambah modal bagi para pedagang Blok G agar kehidupan ekonomi mereka lebih sejahtera. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement