Ahad 28 Jul 2013 18:59 WIB

Dermaga 5 Pelabuhan Merak Mulai Direnovasi

Rep: Hannan Putra/ Red: Citra Listya Rini
Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak
Foto: Agung Supri/Republika
Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Kerja keras petugas ASDP sejak Ahad (28/7) pagi ini akhirnya membuahkan hasil. Truk pengangkut Tepung yang terperosok di Dermaga 5 Pelabuhan Merak berhasil dipindahkan pukul 18.00 WIB. 

Truk tersebut tidak diangkat keatas, namun dipindahkan ke samping. Proses pemindahan truk berlangsung lama. Sejak pagi, petugas sudah mulai mengevakuasi. 

Beratnya beban yang berada didalam truk harus dibuang ke laut terlebih dahulu. Truk yang penuh dengan karung 50 kg tepung tapioka itu sangat berat, apalagi ketika sudah terendam air.

Humas PT ASDP Cab Merak, Mario S Utomo mengatakan setelah pemindahan truk dari moveble bridge, sesegranya akan dimulai identifikasi. Selanjutnya, renovasi akan dilangsungkan malam ini juga. Sebagaimana instruksi dari Kepala Sahbandar Pelabukan Merak, Kapten Sugiharto, perbaikan Dermaga 5 dilakukan 24 jam nonstop. 

"Kita usahakan semoga bisa lebih singkat dari tiga hari, agar diwaktu arus mudik nanti bisa berfungsi," kata Mario.

Mengenai jumlah kerugian, Mario belum bisa memaparkan. Namun ia mengatakan, baik truk maupun dermaga semuanya mendapatkan asuransi.

"Kita optimis, arus mudik nanti dermaga 5 akan bisa kita gunakan secara optimal," ujar Mario.

Ketua DPRD Banten, H Aeng Khaerudin yang sempat melihat lokasi mengharapkan proses perbaikan Dermaga 5 bisa segera rampung. 

"Kami dari DPRD Banten berharap kepada pihak ASDP untuk segera memperbaiki. Karena berkaitan dengan jelang lebaran ini. Semoga H-7 nanti bisa berfungsi," jelas Aeng.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement