Selasa 02 Jul 2013 17:10 WIB

Bangunan Heritage Pemprov Jabar Berubah Fungsi Jadi Tempat Karaoke

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hazliansyah
Karaoke
Foto: Republika/Amin Madani
Karaoke

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Satu bangunan warisan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat, New Majestic di Jalan Braga disebut berubah fungsi menjadi Pub dan tempat karaoke. Sebelumnya, bangunan yang pernah menjadi tempat bioskop pertama di Kota Bandung tersebut digunakan sebagai tempat pagelaran pertunjukan seni dan budaya.

Penggiat Festival dan Heritage Moch S Hanief mengatakan, ia pertama kali mengetahui bangunan tersebut berubah fungsi dari temannya. Awalnya, rekannya tersebut akan menggunakan gedung New Majestic untuk pertunjukkan seni. Namun pengelola mengatakan gedung sedang dalam tahap renovasi.

"Saya cari informasi, katanya mau dijadikan tempat hiburan. Saya belum pasti akan dijadikan karoke dangdut atau apa. Tapi, katanya bar dangdut dan cafe gitu,’’ kata Hanief, Selasa (2/7).

Ia sangat menyayangkan kalau gedung Negara yang bersejarah berubah fungsi menjadi tempat hiburan. Bagaimana pun juga, bangunan heritage di Bandung harus dijaga dari sisi etika dan estetika.

Hanief mengatakan sudah membicarakan hal tersebut pada Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar. Reaksinya, Wagub sangat marah mendengar perubahan fungsi bangunan tersebut. Karena, saat ini bangunan tersebut dikelola oleh PD Jasa Wisata, BUMD milik Pemprov Jabar. 

"Saya juga kurang tahu, apakah bangunan tersebut dikelola oleh pihak ketiga atau gimana," kata Hanief.

Berdasarkan pantau Republika, bangunan New Majestic terlihat masih dikunci jeruji besi. Di halaman gedung terdapat kursi dan meja. Di samping kursi terdapat display satu merek minuman beralkohol.

Menurut Satpam Majestic, yang enggan disebutkan namanya, bangunan tersebut memang sudah dijadikan tempat hiburan live musik dangdut. Kalau siang, dijadikan cafe. Semua kursi pertunjukkan, yang ada di dalam gedung sekarang sudah diubah menjadi sofa-sofa.

"Tadi malam, karoke dan pub dangdutnya sudah beroperasi," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement