Selasa 05 Feb 2013 09:28 WIB

Fraksi PKS Siapkan Empat Nama Pengganti Anis Matta

Rep: Ira Sasmita/ Red: Fernan Rahadi
Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid
Foto: Republika/Yasin Habibi
Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR telah memutuskan empat nama calon pengganti Anis Matta sebagai wakil ketua DPR. Keempat nama itu merupakan anggota parlemen yang membidangi komisi ekonomi, perbankan, dan industri.

Ketua Fraksi PKS DPR, Hidayat Nur Wahid mengatakan, nama-nama yang disiapkan adalah Zulkifliemansyah dari Komisi XI, Fahri Hamzah dan Sohibul Iman dari Komisi VI, serta Andi Rahmat dari Komisi VII. Nama-nama tersebut telah mengerucut dari beberapa kandidat yang sebelumnya diusulkan dalam musyawarah fraksi.

"Semuanya berkompeten, jejak rekamnya bagus. Kami akan sampaikan nama itu ke DPP dan DPP akan merembukkan dalam waktu yang tidak lama lagi," kata Hidayat saat dihubungi wartawan, Selasa (5/2).

Selanjutnya, menurut Hidayat DPP PKS akan memutuskan siapa yang paling laik untuk menggantikan Anis. Direncanakan, DPP akan menggelar rapat pada Kamis atau Jumat ini untuk menetapkan nama yang akan terpilih.

Sementara itu, surat pengunduran diri Anis disebut Hidayat secara resmi akan segera disampaikan pada pimpinan DPR. Secara resmi, Anis akan mengumumkan pengunduran dirinya pekan depan.

"Sekarang Anis melakukan roadshow ke Sumatera Utara, dan hari Kamis atau Jumat akan melakukan kegiatan pamitan," ungkapnya.

Anis Matta menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wakil ketua DPR karena ingin berkonsentrasi sebagai presiden PKS yang baru. Ia menggantikan Luthfi Hasan Ishaaq yang telah ditangkap KPK atas sangkaan kasus suap kuota impor daging sapi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement