Selasa 25 Dec 2012 05:43 WIB

Dua Jam Sebelum Kebaktian, Gereja di Medan Disterilkan

Personel Brimob Polda Jawa Tengah bersiaga di depan sebuah gereja pasca kerusuhan Temanggung pada beberapa waktu lalu.
Foto: Antara/Anis Efizudin
Personel Brimob Polda Jawa Tengah bersiaga di depan sebuah gereja pasca kerusuhan Temanggung pada beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro mengatakan, untuk memberikan rasa aman bagi umat kristiani menjalani kebaktian, dua jam sebelum melaksanakan misa natal, gereja di Medan harus lebih dahulu diseterilkan aparat keamanan.

"Kepolisian telah melakukan standarisasi bagi seluruh gereja yang ada di Kota Medan," katanya disela-sela peninjauan Gereja GPDI Jalan S Parman Medan, Senin malam (24/12).

Untuk melakukan pemeriksaan terhadap gereja tersebut, menurut dia, Kapolresta Medan harus lebih dahulu mengetahui pukul berapa misa natal itu dilaksanakan di gereja.

"Dalam pengamanan Perayaan Natal Tahun 2012 ini, aparat kepolisian sudah bekerja sejak sehari sebelumnya dan terus melakukan pemeriksaan terhadap rumah ibadah gereja dan tempat-tempat lainnya," kata jenderal bintang dua itu.

Hal ini harus dilaksanakan, jelas Wisjnu, untuk memberikan rasa aman dan ketenangan bagi jemaat yang sedang melaksanakan misa Natal di gereja.

"Sebanyak 2.523 aparat keamanan dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013," kata Wisjnu.

Pada peninjauan yang dilakukan terhadap sejumlah gereja yang ada di Medan, Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro juga didampingi Walikota Medan Rahudman Harahap.

Gereja yang ditinjau oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, yakni Gereja Katedral di Jalan Pemuda, Gereja Katolik Kristus Raja di Jalan MT Haryono, Gereja Methodist Indonesia di Jalan MT Haryono dan Gereja Kristen Indonesia di Jalan H Zainul Arifin Medan.

Pemantauan di lapangan, gereja di Kota Medan yang mendapat penjagaan aparat berwajib sebanyak lebih kurang 483 gereja. Pengamanan rumah ibadah tersebut, tidak hanya dilakukan petugas kepolisian, tetapi juga Satpol PP, Dinas Perhubungan Medan.

Bahkan, kegiatan misa Natal yang dilaksanakan di Gereja Katedral Jalan Pemuda Medan, Senin (24/12) sekitar pukul 21.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB kelihatan cukup padat.

Sebagian umat kristiani yang melaksanakan kebaktian pada malam Natal tersebut, hingga berjejer dan ramai di halaman Gereja Katedral Jalan Pemuda Medan.

Sementara itu, misa Natal di Gereja Imanuel dan Gereja Protestan Indonesia Wilayah Barat di Jalan Diponegoro Medan selesai pukul 23.00 WIB dan mendapat pengawalan ekstra ketat dari petugas Polresta Medan.

Setiap jemaat yang masuk ke gereja tersebut diperiksa petugas keamanan dengan alat detektor, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Situasi keamanan pada malam Perayaan Natal 2012 di Kota Medan berlangsung aman dan tertib, serta tidak ada kendala yang ditemui di lapangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement