Ahad 23 Dec 2012 20:31 WIB

Amankan Natal, Polisi Jaga Ketat 32 Gereja di Karawang

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG--Kepolisian Resor Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengamankan 32 gereja yang tersebar di sejumlah daerah sekitar Karawang, agar perayaan Natal di daerah tersebut berjalan lancar. Kabag Ops Polres Karawang, Kompol Robi Yanuar, di Karawang, Ahad (23/12) mengatakan, kepolisian sudah melakukan pendataan jumlah gereja dan rumah ibadah di daerah tersebut.

Sedikitnya terdapat 32 gereja tersebar di daerah itu. Atas hal tersebut pihaknya akan menerjunkan personelnya di seluruh gereja. "Sehingga nantinya diharapkan perayaan Natal di Karawang berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Ia menyebut jumlah personel dari kepolisian yang akan disiagakan untuk pengamanan gereja sebanyak 155 personel. Jumlah tersebut masih ditambah dengan personel gabungan dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, dan instansi terkait lainnya di lingkungan Pemkab Karawang yang totalnya mencapai 200 personel.

"Masing-masing gereja akan ditempatkan 4-10 personel kepolisian untuk melakukan pengamanan. Jumlah yang ditempatkan tergantung dari besar dan kecilnya bangunan gereja, serta tergandung dengan situasi dan kondisi," katanya.

Dalam upaya melakukan pengamanan gereja itu, pihaknya akan sterilisasi sejumlah gereja besar maupun kecil yang ada di wilayah Karawang. Dalam sterilisasi gereja itu, akan didatangkan tim gegana Brimob Polda Jabar.

Ia mengatakan, tujuan sterilisasi ialah mendeteksi keberadaan barang-barang yang berbahaya di gereja di antaranya mendeteksi bom, bahan peledak, senjata tajam, dan barang terlarang lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement