Jumat 31 Aug 2012 21:51 WIB

Awak Dewaruci Umroh saat Muhibah Keliling Dunia

KRI Dewaruci
Foto: indonesia.travel
KRI Dewaruci

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Anak buah kapal KRI Dewaruci yang sedang dalam perjalanan muhibah keliling dunia menyempatkan diri melaksanakan umroh. Mereka melakukan umroh saat kapalnya singgah di Saudi Arabia.

"Ada beberapa prajurit KRI Dewaruci yang sudah melaksanakan umroh sampai enam kali karena mereka bertugas sejak sebelum 2003 dan selalu mengikuti pelayaran muhibah ke luar negeri. Mereka kali ini untuk ketujuh kali," ujar Kadispen Koarmatim, Letkol Laut (KH) Yayan Sugiana, seperti dikutip Antara.

Gelombang pertama diutamakan prajurit yang belum pernah umroh. Mereka dipandu oleh Ustaz Khairuddin yang merupakan staf Konjen RI di Jeddah.

Beberapa prajurit KRI Dewaruci sudah beberapa kali umroh. Untuk kali ini, mereka mengumrohkan orang tua atau sanak saudaranya. Pada perjalanan itu, sebanyak 69 ABK KRI Dewaruci dan seorang wartawan melaksanakan umroh.

"Perjalanan umroh kali ini merupakan perjalanan terpanjang sepanjang sejarah KRI Dewaruci karena harus menempuh rute dari Surabaya ke arah timur terlebih dahulu," kata Kadispen Koarmatim.

Rutenya adalah Surabaya, Papua, Kwajelain, USA, Eropa, Afrika dan Asia, Saudi Arabia. Waktu tempuhnya tujuh bulan 28 hari.

Kapal yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto itu tiba di Saudi Arabia pada Selasa (28/8). Kapal merapat di dermaga pelabuhan Jeddah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement