Senin 16 Jul 2012 14:37 WIB

Tak Ada Wakil Perempuan di Pilkada DKI, Inilah Reaksi Linda Gumelar

Linda Gumelar
Foto: Republika
Linda Gumelar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengaku kecewa karena ketiadaan calon gubernur dan calon wakil gubernur perempuan pada pemilihan umum daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

"Saya sebenarnya kecewa karena tidak ada calon perempuan pada Pilkada DKI Jakarta," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar di Jakarta, Senin.

Linda mengakui, bukanlah hal yang mudah menghadirkan calon perempuan pada Pilkada DKI. "Jakarta sebagai ibukota merupakan posisi strategis dimana partai sangat berhati-hati dalam memajukan calonnya. Ini yang harus kita dorong yaitu keinginan partai untuk mengusung calon perempuan," kata Linda.

Menurut Linda, pelaksanaan Pilkada DKI agar dapat menjadi catatan tersendiri bagi para pimpinan partai khususnya karena tidak ada partisipasi perempuan pada cagub dan cawagub. "Saya berharap para pimpinan partai menjadikan hal itu catatan tersendiri agar pada pilkada yang akan berlangsung di wilayah lain ada keterwakilan perempuan," katanya.

Selain itu, Linda juga mengatakan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan terus melakukan upaya advokasi, koordinasi serta berbagai pendekatan lain dengan seluruh pihak termasuk para pimpinan partai.

"Tujuannya untuk memperkuat kesetaraan gender dalam politik terutama keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen di legislatif," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement