Kamis 12 Apr 2012 15:03 WIB

Wapres Boediono Kunjungi Wilayah Gempa Jumat Esok

Rep: Esthi Maharani/ Red: Karta Raharja Ucu
Wapres Boediono
Foto: Saptono/Antara
Wapres Boediono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden, Boediono direncanakan bakal bertolak ke Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Jumat (13/4) esok, pascagempa bumi yang melanda provinsi paling barat Indonesia tersebut. Kunjungan Wapres tersebut untuk menggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang direkomendasikan BNPB belum perlu terjun langsung mengunjungi wilayah gempa.

“Direncanakan, besok (Jumat) pagi bapak Wapres akan mengunjungi Banda Aceh,” ungkap Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha di Istana Presiden, Kamis (12/4).

Julian mengatakan, Presiden SBY mendelegasikan tugas tersebut kepada Wapres Boediono untuk memastikan situasi di Aceh bisa berjalan normal secepat mungkin. Julian menjelaskan, berdasarkan laporan Kepala BNPB, sejauh ini situasi di Aceh sudah bisa dikendalikan. “Rekomendasi dari Kepala BNPB, Bapak Presiden belum perlu datang ke sana,” katanya.

Sampai saat ini, beberapa infrastruktur dilaporkan rusak. Seperti jembatan yang rubuh di Meulaboh. Untuk itu, Julian menjelaskan, pemerintah sedang berupaya untuk mengkaji, mengevaluasi, dan rekonstruksi akibat gempa yang terjadi Rabu (11/4) kemarin.

“Nanti akan kita lihat karena sekarang masih dalam proses untuk verifikasi atau menilai sejauh mana infrastruktur yang rusak dan harus diperbaiki,” katanya.

Dijelaskannya, yang telah dilakukan sekarang adalah berupaya mengevakuasi masyarakat di sekitar yang kemungkinan bisa terdampak jika ada gempa susulan. “Karena itu, akan dibuat beberapa titik pengungsian di sana,” katanya.

Ke depannya, bakal dirumuskan bagaimana mengupayakan tempat pengungsian yang semi permanen atau permanen yang bisa memberikan rasa aman atau tempat penampungan yang lebih cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement