Rabu 21 Sep 2011 13:35 WIB

Siti Arahma Jalani Operasi Hari Ini

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: Didi Purwadi
Siti Arrahma
Foto: www.dumaipos.com
Siti Arrahma

REPUBLIKA.CO.ID,PALMERAH - Siti Arahma, bayi dengan jantung di luar tubuh, dioperasi pada Rabu (21/9). Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, mengatakan operasi harus dilakukan pada Siti yang menderita Ectopia Cordis (Naked Heart) sehingga jantungnya di luar tubuh.

"Pihak rumah sakit akan melakukan upaya pertolongan maksimal kepada Siti agar dia bisa sembuh," katanya di RSAB Harapan Kita, Rabu, (21/9).

Pada dasarnya, terang Supriyantoro, penyakit Naked Heart sangat jarang terjadi. Penyakit ini biasanya terjadi hanya 8 kasus dari 1 juta kelahiran.

Kasus ini memang sulit ditangani. Apalagi, semua jantungnya benar-benar berada di luar tubuh. Sehingga, resikonya sangat tinggi.

Kemungkinan hidup penderita Naked Heart juga sangat kecil. Bahkan, kasus-kasus penderita Naked Heart di dunia belum ada yang berhasil ditangani walau para dokter telah berusaha maksimal. "Namun, kami tetap berupaya semaksimal mungkin menangani kasus ini. Semoga para dokter berhasil menolong Siti," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement