Senin 27 Jun 2011 21:08 WIB

Pengumuman Kasad Baru Menunggu Surat Keputusan Presiden

Rep: teguh firmansyah/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden sudah memutuskan nama Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KSAD) baru pengganti Jenderal George Toisutta. Nama itu akan diumumkan kepada publik setelah surat keputusan resmi dari presiden keluar.

Demikian dikatakan Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono, usai rapat terbatas di kantor presiden, Senin (27/6). "Beliau sudah memutuskan tapi saya tidak berani mengumumkan sebelum ada surat keputusan itu aja,"ujarnya.

Menurut Agus, Mabes TNI sebelumnya telah mengajukan sejumlah nama. Sementara keputusan tertingginya tetap berada ditangan presiden. "Yang penting panglima TNI sudah mengusulkan,"kata dia.

Dalam rapat terbatas tersebut, Panglima mengaku Presiden membahas masalah pengganti KSAD tersebut. "Salah satunya membahas itu,"ucapnya.

Untuk diketehui , George Toisutta saat ini masih menjabat sebagai KSAD. Pria kelahiran 1 Juni 1953 itu baru akan pensiun pada 30 Juni mendatang. Hal ini sesuai dengan Peraturan Panglima TNI No 15/III/2009 tertanggal 24 Maret 2009.

Tiga orang nama mencuat sebagai penggantinya. Ketiga orang tersebut yakni Wakil KSAD Letnan Jenderal TNI Budiman, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, dan Komandan Komando Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI AD Letnan Jenderal TNI Marciano Norman.

Pramono sendiri diketahui sebagai adik ipar dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal George Toisutta ketika dikonfirmasi usai rapat juga belum mau menyebutkan siapa penggantinya. "Yah nanti kasih tahu kamu, nanti pada waktunya saya akan kasih tahu kamu,"katanya singkat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement