Ahad 21 Nov 2010 08:40 WIB

Menakertrans: Pengiriman TKI ke Arab Saudi Dibatasi

Rep: c21/ Red: Arif Supriyono
Muhaimin Iskandar
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR--Menteri Negara Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar, akan membatasi pengiriman TKI ke Arab Saudi. Hal ini diutarakannya saat berkunjung di rumah Kikim Komariah, TKI asal Indonesia yang tewas karena dibunuh majikan di Arab Saudi, Sabtu (20/11).

Menurut dia, kini Kemenakertrans sedang melakukan investigasi baik terhadap sistem maupun agensi yang ada di dalam dan luar negeri. '' Jadi selama masa transisi itu, kita akan lakukan pembatasan,'' katanya Sabtu (20/11) di Cianjur, Jabar.

Dari data Kemenakertrans, terdapat total 500 ribu TKI di Arab Saudi. Namun, tuturnya, jumlah TKI bermasalah diperkirakan hanya 400 orang. Ini termasuk TKI yang mengalami permasalahn gaji hingga kekerasan dan penganiayaan.

Ia pun berencana dalam waktu dekat akan segera mengunjungi Arab Saudi. Jumlah warga Indonesia di Arab Saudi mencapai 700 ribu jiwa. ''Ini seharusnya bisa jadi sebuah jejaring sosial, politik, dan ekonomi untuk jadi alat kontrol kita terhadap permasalahn yang dihadapi TKI,'' ujarnya lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement