Kamis 13 May 2010 06:06 WIB

Setgab Hanya Fasilitator, Bukan Pengambil Keputusan

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Syarifuddin Hasan, mengingatkan, Sekretariat Gabungan partai koalisi merupakan fasilitator. Artinya, Setgab tidak menjadi forum untuk mengambil keputusan karena memang bukan forum untuk itu (decission maker).

"Ya fasilitator, supaya kita bisa memberikan informasi, komunikasi, pembahasan, ada feed back, jadi supaya di dalam menjalankan semua keputusan itu kita jadi seragam," kata Syarif, di Kantor Presiden, Rabu (12/5). Dia juga mengelak jika Setgab bisa panggil menteri, namun sebatas bertemu dalam rapat.

"Begini, kalau kita rapat, itu bukan manggil, kita kan sebatas hanya ingin rapat, ingin bertemu, itu bukan manggil namanya," kata Syarif. Dia menambahkan, selain sebagai fasilitator, Setgab juga merupakan tempat untuk mengkonstruksi semua informasi agar ada satu pendapat.

"Misalnya kayak begini, misalnya fraksi A sebelum ke DPR kan harus di bahas tuh substansinya apa nih, sehingga anggota-anggotanya juga bisa mengerti secara substansi. Nah, kalau lebih tinggi lagi, di atasnya fraksi ya partai, ya kan. Nah partai juga begitu," ujar Syarif dengan gaya khasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement