Kamis 09 Feb 2023 18:04 WIB

Ganjar Pranowo Mania Bubar, Ini Tanggapan Elite PDIP

GP Mania bubar karena menilai Ganjar minim gagasan dan tak memiliki keberanian.

Rep: Nawir Arsyad Akbar, Wahyu Suryana/ Red: Andri Saubani
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto. PDIP tak mempermasalahkan bubarnya kelompok relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania. (ilustrasi)
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto. PDIP tak mempermasalahkan bubarnya kelompok relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Bambang Wuryanto enggan menanggapi pembubaran Ganjar Pranowo (GP) Mania. Menurutnya, pembubaran tersebut seharusnya ditanyakan lebih lanjut kepada Emmanuel Ebenezer.

"Itu kan evaluasinya Ebenezer, namanya saja sudah, Ebenezer saja kan itu yang ngomong," ujar Bambang di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga

Salah satu alasan pembubaran GP Mania dikarenakan Gubernur Jawa Tengah itu yang disebut tak memiliki gagasan. Namun, Bambang menilai orang awam pun sesungguhnya memiliki gagasan.

"Manusia itu semua punya gagasan, cuma yang dimaksud gagasan yang mana ini kan gitu loh. Gagasan sebagai seorang negarawan? Gagasan sebagai seorang politisi? Gagasan sebagai orang awam? Atau gagasan yang mana," ujar Bambang.

Bambang pun enggan memberikan pandangannya terhadap gagasan Ganjar sebagai kader PDIP. "Begini loh, saya bukan pengacaranya Ganjar gitu loh, ya biar dijawab sendiri (oleh Ganjar)," ujar Ketua Komisi III DPR itu.

Berbicara terpisah, politisi PDIP yang lain, Andreas Hugo Pareira malah mempertanyakan, sebenarnya kapan relawan-relawan yang menamakan diri GP Mania itu dibentuk. Pasalnya, belum pula terdengar malah tiba-tiba mengumumkan pembubaran diri. 

"Kapan pembentukan kok tiba-tiba bubar ya," kata Andreas kepada Republika, Kamis.

Andreas mempertanyakan, jangan-jangan selama ini kelompok relawan bernama GP Mania itu memang tidak pernah ada. Sebab, Anggota Komisi X DPR RI itu mengaku tidak pernah tahu kapan relawan GP Mania tersebut dibentuk.

"Jangan-jangan tidak pernah ada, tapi tiba-tiba bubar," ujar Andreas.

Ganjar Pranowo Mania resmi membubarkan diri. Ketua Umum Jokowi Mania (Joman) sekaligus inisiator GP Mania, Emmanuel Ebenezer menilai, tidak ada gagasan maupun keberanian dari Ganjar Pranowo menjadi alasan utama pembubaran.

Ia menuturkan, ekspektasi mereka kepada Ganjar Pranowo ketika deklarasi dukungan tentu sosok Ganjar akan memberikan gagasan dan tawaran bagi bangsa Indonesia ke depan. Sayangnya, dua tahun terakhir, semua itu tidak ditemukan dari Ganjar.

"Dalam rentang dua tahun ini kita tidak menemukan itu," kata Noel, Kamis (9/2/2023).

Kemudian, ia mengungkapkan, mereka menilai sosok Ganjar Pranowo tidak memiliki keberanian sedikitpun. Termasuk, dalam penyampaian-penyampaian yang disampaikan ke publik, mereka merasa Ganjar Pranowo tidak berhasil meyakinkan masyarakat.

Tidak cuma masyarakat, ia merasa, Ganjar Pranowo tidak berhasil pula meyakinkan pendukungnya sendiri, bahkan partainya sendiri. Karenanya, Noel merasa, percuma jika mereka mendukung sosok yang tidak memiliki gagasan dan keberanian.

"Itu tidak kita temui di Mas Ganjar, buat apa kita mendukung orang yang tidak punya nyali, sudah tidak punya nyali tidak punya gagasan, kita tidak mau itu," ujar Noel.

 

 

 

photo
Serangan Elite PDIP kepada Ganjar Pranowo - (infografis republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement