REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--OREO telah menjadi biskuit ikonik selama lebih dari 30 tahun dengan momen manis untuk keluarga Indonesia. Akan tetapi, OREO bukan hanya camilan favorit tapi brand ini juga memberikan banyak kontribusi di berbagai program sosial serta pendidikan yang memiliki dampak nyata.
Selama 30 tahun, OREO telah diproduksi dengan dukungan lebih 1.500 pekerja lokal di Cikarang dan terbukti mampu mempertahankan kualitas produk. Meski demikian, kontribusi OREO tidak terbatas pada layanan industri, karena mereka memiliki tiga program luar biasa yang menginspirasi, yaitu OREO Berbagi Serunya Berilmu, OREO Batik, dan OREO Play Pack.
OREO Berbagi Serunya Berilmu: Menyemai Masa Depan Lewat Pendidikan
Program OREO Berbagi Serunya Berilmu ini dirilis pada Maret 2025 dan merupakan perhatian khusus Berdari brand tersebut untuk pengembangan anak yatim di Indonesia. Faktanya, PT Mondelez Indonesia menetapkan 2,5 persen dari laba operasional OREO untuk mendukung kebutuhan belajar 1.500 anak-anak Indonesia di berbagai daerah.
Untuk memastikan bahwa efeknya benar-benar menonjol dan berkelanjutan, OREO juga bekerja dengan SOS Children's Villages Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada anak-anak yang kehilangan orang tua mereka.
Program ini tidak hanya memberikan sumbangan atau donasi, tetapi juga mengundang penerima manfaat untuk menyaksikan dimulainya dunk Oreo Space di Nemo Highlands. Di sinilah terjadi momen bersejarah ketika OREO menjadi biskuit pertama yang diluncurkan ke ke luar angkasa. Selain itu, ada pula acara bincang pendidikan tentang topik eksternal yang dibawakan oleh Anne Cammaro, sosok yang menginspirasi dalam industri ruang angkasa Indonesia.
OREO Batik: Merayakan Budaya Lewat Kemasan Penuh Makna
OREO tidak hanya fokus pada pendidikan, brand ini juga berkomitmen untuk melestarikan budaya Indonesia melalui kampanye uniknya, OREO Batik. Edisi khusus kemasan ini memuat desain gambar empat jenis wastra (kain tradisional) asal Indonesia. Yaitu, Batik Mega Mendung dari Cirebon, Kain Songket Palembang, Tenun Sengkang Makassar, dan Tenun Endek Bali.
Selain itu, yang membuat program ini menjadi lebih istimewa adalah kolaborasi apik antara OREO dan Era Soekamto, seorang desainer terkenal yang berperan dalam menciptakan merchandise eksklusif Batik dan menyediakan kursus pelatihan untuk pengrajin. Ditambah, OREO juga memberikan bantuan langsung pada 1.400 pengrajin batik di delapan desa di Cirebon, melalui kolaborasi dengan Asosiasi Pengusaha dan Pengrajin Batik Indonesia (APPBI).
Bantuan tersebut termasuk peralatan batik, pelatihan untuk menangani pembuangan limbah Batik yang ramah lingkungan, dan perbaikan pada fasilitas latihan batik di sekolah kejuruan lokal.
OREO Play Pack: Membangun Kebersamaan Melalui Permainan Klasik
OREO juga tidak ingin ketinggalan menghadirkan kegembiraan bermain dan kehangatan keluarga dengan edisi khusus, Oreo Play Pack. Setiap paket penuh dengan biskuit lezat yang menawarkan berbagai variasi favorit yang terkait dengan game klasik seperti ular tangga, ludo, catur, tic-tac-toe, dan kartu UNO. Tujuannya jelas, yaitu menciptakan momen-momen bermain yang menyenangkan sekaligus memperat hubungan keluarga.
Paket Play Oreo juga membuat kampanye khusus selama Ramadhan tahun 2024 yang bertajuk #OREOBerbagi. Di mana, Mondelez Indonesia bersama dengan karyawannya membagikan 1.000 paket Oreo Play Pack, yang isinya perlengkapan sekolah dan kebutuhan dasar untuk anak yatim di Jakarta, Cikarang, Bandung, dan Pasuruan.
Kegiatan ini juga melibatkan para karyawan yang ikut terjun mengunjungi dan menghibur anak-anak di panti asuhan. Semua ini dilakukan untuk merayakan ulang tahun OREO yang ke-112 dan menegaskan kembali visinya yaitu, menciptakan momen kebersamaan yang penuh makna.
Dengan demikian, melalui tiga program unggulannya, yaitu OREO Berbagi Serunya Berilmu, OREO Batik, dan OREO Play Pack, OREO ingin menunjukkan bahwa sebuah merek global pun bisa memiliki kepedulian lokal yang besar. Tidak hanya hadir di rak-rak toko, OREO juga hadir di hati masyarakat melalui kontribusi nyata terhadap pendidikan, budaya, dan kebersamaan.
Keberhasilan OREO dalam menciptakan dampak positif ini menjadi bukti bahwa keberadaan sebuah brand di suatu negara seharusnya tidak hanya dilihat dari sisi bisnis, tetapi juga dari kontribusinya dalam membangun masyarakat. Selain itu, OREO juga akan terus hadir membawa keseruan melalui program-programnya sekaligus memberi manfaat positif bagi masyarakat Indonesia.