Kamis 17 Apr 2025 10:56 WIB

Ini Dia Isi Kuliah Prodi Bisnis Digital UNM yang Bikin Lulusan Siap Hadapi Dunia Industri

Prodi Bisnis Digital UNM memiliki kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan industri.

Prodi Bisnis Digital UNM dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu menguasai dunia bisnis dan teknologi secara seimbang.
Foto: unm
Prodi Bisnis Digital UNM dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu menguasai dunia bisnis dan teknologi secara seimbang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Di era digital yang terus berkembang pesat, banyak yang bertanya-tanya mengenai apa saja yang dipelajari dalam Program Studi (Prodi) Bisnis Digital. Di Universitas Nusa Mandiri (UNM), Prodi Bisnis Digital dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu menguasai dunia bisnis dan teknologi secara seimbang.

Kurikulumnya disusun secara komprehensif dan aplikatif, sehingga lulusan dibekali dengan keterampilan yang relevan dan siap diterapkan langsung di dunia industri.

Menurut Kaprodi Prodi Bisnis Digital UNM, Lia Mazia, Prodi ini menggabungkan prinsip dasar bisnis dengan teknologi digital terkini.

Mahasiswa akan dibekali dengan keterampilan praktis dalam e-commerce, pemasaran digital (digital marketing), analitik web, SEO serta pengelolaan data yang pastinya akan membuka banyak peluang karier di berbagai sektor digital dan bisnis.

“Generasi muda yang masuk ke Prodi Bisnis Digital di UNM, tidak hanya belajar teori bisnis, tapi juga langsung menghadapi tantangan digital yang ada di dunia kerja,” kata Lia dalam keterangan rilis, Kamis (17/4/2025).

Berikut beberapa mata kuliah yang dipelajari, dan tentu saja, keterampilan ini sangat relevan di dunia industri sekarang:

  1. Desain Berpikir Kreatif dan Kritis – Latihan untuk berpikir out-of-the-box dan mencari Solusi kreatif.
  2. Desain Grafis – Keterampilan visual yang dibutuhkan dalam pembuatan konten digital.
  3. Desain UI/UX – Membuat pengalaman pengguna yang menyenangkan di dunia digital.
  4. Desain Inovasi Produk – Menciptakan produk baru yang relevan dengan kebutuhan pasar.
  5. Social Media Management and Analytic – Mengelola dan menganalisis strategi media sosial untuk bisnis.
  6. Fundamental of Digital Marketing – Dasar-dasar pemasaran yang efektif di dunia digital.
  7. Market Research – Mengumpulkan dan menganalisis data pasar untuk pengambilan keputusan.
  8. Business Modelling – Membuat model bisnis yang dapat dijalankan dan menguntungkan.
  9. Digital Copy Writing – Menulis konten yang menarik untuk pemasaran digital.
  10. Web Marketing Development – Mengembangkan strategi pemasaran untuk website dan platform digital.
  11. Interpersonal Skill – Keterampilan komunikasi yang penting dalam dunia bisnis.
  12. Creative Advertising Planning – Merencanakan iklan yang kreatif dan tepat sasaran.
  13. Performance Marketing – Memahami dan mengoptimalkan iklan digital berdasarkan kinerja.
  14. Perencanaan Bisnis Start-up – Mengembangkan rencana bisnis untuk memulai perusahaan digital sendiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement