Sabtu 26 Oct 2024 09:43 WIB

Hari Kedua di Akmil, Menteri BUMN Erick dan Menteri ESDM Bahlil Beri Materi Hilirisasi

Menurut Cak Imin, pesan Prabowo adalah menteri harus siap berkorban untuk rakyat.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni di Akmil.
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni di Akmil.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Presiden Prabowo Subianto dan jajaran akan kembali diberikan pengarahan mengenai berbagai materi pada hari kedua retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/10/2024). Materi yang diberikan adalah berupa hilirisasi, food estate, makan bergizi, hingga strategic review.

Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mengatakan, kegiatan pada Sabtu, dimulai dengan olahraga dan pelatihan baris berbaris sebelum sarapan. Hal itu serupa dengan kegiatan pada hari pertama retreat Kabinet Merah Putih, Jumat (25/10/2024).

Baca Juga

"Terus banyak sesi-sesi penting yang akan disampaikan hari ini oleh para pembicara seperti dari menteri keuangan, kepala Bappenas, menteri BUMN, Badan Gizi, menteri pertanian, dan lain-lain," kata Raja saat dikonfirmasi, Sabtu pagi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, agenda pada hari kedua retreat, para anggota Kabinet Merah Putih akan mendapatkan materi tentang hilirisasi dan B100 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Setelah itu, jajaran kabinet Prabowo akan mendapatkan materi mengenai food estate dan makan bergizi. Materi itu masing-masing akan disampaikan oleh Kementerian Pertanian dan Badan Gizi Nasional.

Terakhir, para menteri akan diberikan materi mengenai strategic review. Materi itu akan disampaikan oleh Wakil Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi, dan Permasyarakatan.

Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan, materi yang diberikan itu akan menjadi bekal bagi Kabinet Merah Putih bekerja dalam lima tahun ke depan. "Ya, masih ada beberapa materi yang harus diikuti. Dan ada beberapa agenda-agenda yang memang sudah disiapkan," katanya, Jumat malam WIB. 

Menurut Cak Imin, Presiden Prabowo juga memberikan pesan kepada jajarannya. Salah satu pesan penting yang diberikan adalah para menteri harus siap berkorban untuk rakyat. "Ya, intinya pokoknya siap berkorban untuk rakyat, berikan yang terbaik untuk rakyat," kata Cak Imin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement