Kamis 24 Oct 2024 01:07 WIB

Timnas U-17 Kalahkan Kuwait pada Laga Pertama Grup G, Ini Catatan Pelatih Nova Arianto

Nova melihat para pemain timnas U-17 gugup pada pertandingan pertama di kualifikasi.

Pelatih timnas Indonesia U-17 Nova Arianto.
Foto: dok pssi
Pelatih timnas Indonesia U-17 Nova Arianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-17 mengawali langkah di Kualifikasi Piala Asia U-17 dengan positif. Timnas U-17 menaklukkan tuan rumah 1-0 di Stadion Al Ahmadi, Kuwait, Rabu (23/10/2024) malam WIB.

Sebuah Mathew Ryan Baker menjadi penentu kemenangan lewat gol sundulan pada babak pertama dari situasi sepak pojok.

Baca Juga

Pelatih timnas U-17 Nova Arianto mengapresiasi pasukannya atas hasil ini, meskipun punya sejumlah catatan di kertas evaluasunya. "Saya mengucapkan terima kasih kepada pemain dan staf yang selama ini sudah bekerja keras, tapi memang kita tahu ini pertandingan pertama. Pemain kelihatan tegang, pemain kelihatan nervous," kata Nova dalam rekaman resmi dari PSSI selepas laga.

Menurut Nova, ini hal wajar. Ia berharap pada pertandingan selanjutnya para pemainnya bisa lebih menikmati pertandingan lagi.

Ia melihat para penggawa Garuda Muda masih kelihatan kurang tenang. Saat kita menguasai bola, masih mudah direbut oleh lawan.

"Itu menjadi catatan besar saya termasuk bagaimana konsentrasi pemain ketika mendapat serangan dari lawan. Bagaimana kita mengantisipasi serangan itu menjadi catatan saya untuk diperbaiki agar ke depan bisa lebih baik," ujar Nova.

Terkait mundurnya tim Lebanon di Grup H karena situasi perang di negaranya, Nova sudah memahami perubahan aturan yang berimbas kepada seluruh grup lain, termasuk Grup G yang dihuni Indonesia. AFC memutuskan, perhitungan poin untuk menentukan tim runner up terbaik adalah hasil pertandingan dengan tim peringkat satu dan tiga saja.

Alhasil, tak ada strategi melepas pertandingan melawan tim kuat untuk fokus mengambil poin dari tim-tim lainnya. Sebab, justru hasil melawan tim kuat di gruplah yang akan dihitung untuk bersaing dengan grup-grup lain.

"Ya, itu menjadi perhitungan kami termasuk ada beberapa pemain yang mungkin akan kita simpan tenaganya saat lawan Mariana (Utara) agar bisa bugar lawan Australia," kata Nova.

Pertandingan selanjutnya Indonesia akan menghadapi Kepulauan Mariana Utara pada Jumat (25/10/2024). Laga pamungkas grup C, Garuda Muda akan menantang Australia pada Ahad (27/10/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement