Jumat 18 Oct 2024 13:16 WIB

Istana Siapkan Skenario Kepulangan Jokowi ke Solo Lewat Darat dan Udara

Jokowi dikabarkan akan ke Solo lewat Bandara Halim Perdanakusuma.

Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana saat memberikan keterangan di gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (22/1/2024).
Foto: Republiika/Dessy Suciati Saputri
Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana saat memberikan keterangan di gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (22/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mempersiapkan skenario kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Jakarta ke Solo, Provinsi Jawa Tengah, pada hari purna-tugas, via jalur darat maupun udara.

Hal itu disampaikan Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden Ari Dwipayana di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, menjawab rencana kepulangan Presiden Jokowi ke Solo pada Ahad (20/10) sore.

Baca Juga

"Mengenai skenario kembali ke Solo itu intinya Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan berbagai skenario. Apakah beliau akan berkenan melalui darat atau melalui udara," tuturnya.

Presiden Jokowi, dikabarkan oleh Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, menuju Solo. Penerbangan Jokowi dijadwalkan pukul 15.00 WIB.

Menjawab persiapan itu, Ari Dwipayana menyebut Kemensetneg telah mempersiapkan beberapa mobil untuk perjalanan Jokowi, salah satunya jenis Toyota Alphard bernomor polisi AD 1 JKW berwarna hitam yang hari ini sudah tampak terparkir di halaman gedung Kemensetneg Jakarta.

Mobil tersebut juga dipersiapkan untuk kebutuhan transportasi Jokowi bila nantinya memilih untuk pulang ke Solo via jalur darat. 

"Iya, untuk rencana Pak Presiden. Apakah beliau lewat darat ataupun ke bandara, kan perlu kendaraan juga mengantarkan ke sana," katanya saat ditanya terkait kendaraan Alphard AD 1 JKW.

Terkait skenario kepulangan Jokowi via jalur udara, Ari memastikan Setneg telah mempersiapkan pesawat komersil untuk membawa Jokowi pulang via Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Kita siapkan semua skenario. Kalau beliau berkenaan melalui udara, melalui pesawat komersil disiapkan. Tapi kalau beliau akan melalui darat, kami juga akan siapkan dari kesekretariatan sekitar itu," paparnya.

Saat ditanya tentang keluarga Jokowi yang juga akan ikut serta pulang ke Solo, Ari belum dapat memastikan hal itu, kecuali Ibu Iriana Joko Widodo yang dipastikan Ari akan turut mendampingi Jokowi pulang ke Solo.

"Nanti kita lihat ya bagaimana beliau akan kembali ke Solo. Saya kira dengan Bu Iriana lah pasangannya. Masa Ibu di tinggal di Jakarta, ya nggak mungkin lah. Artinya, dengan siapa lagi itu yang kita cek," jelasnya.

Ari juga memastikan bahwa negara memfasilitasi pengawalan Paspampres kepada Presiden Jokowi beserta keluarga seusai purna-tugas. Selain itu, kata Ari, tim protokol istana juga telah mempersiapkan aktivitas Jokowi saat nanti tiba di Solo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement