Ahad 20 Oct 2024 20:52 WIB

Kelar Antar Jokowi, Kapolri dan Panglima Kembali ke Jakarta

Kapolri dan Panglima mengantar Jokowi pulang atas perintah Prabowo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Indira Rezkisari
Setelah 4,5 jam dari bandara Adi Soemarmo, Jokowi dan Iriana Jokowi akhirnya tiba di kediamannya di Sumber, Banjarsari, Solo, Ahad (21/10/2024).
Foto: Republika/Muhammad Noor Alfian Choir
Setelah 4,5 jam dari bandara Adi Soemarmo, Jokowi dan Iriana Jokowi akhirnya tiba di kediamannya di Sumber, Banjarsari, Solo, Ahad (21/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengawal Presiden RI ke-7 Joko Widodo serta Iriana Jokowi atas perintah Presiden RI-8 Prabowo Subianto.

Pantauan Republika, Jokowi dan Iriana tiba di bandara Adi Soemarmo sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah tiba di bandara kemudian Jokowi dan Istri menaiki kendaraan terbuka untuk menyambut masyarakat sepanjang jalan Adi Sucipto hingga kediamannya di Sumber, Kota Solo. Di sana ratusan ribu warga tampak berderet sejak Jokowi meninggalkan bandara.

Baca Juga

Dalam perjalanan menuju kediaman tersebut, Jokowi dikawal langsung oleh Panglima TNI dan Kapolri. Setelah perjalanan hampir 4,5 jam hingga sampai di kediaman sekitar pukul 19.22 WIB mereka sempat melakukan pertemuan tertutup dengan Jokowi di kediamannya.

"Malam ini, Alhamdulillah saya dan Kapolri sudah di kediaman Bapak Jokowi. Ini atas perintah Presiden RI Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto untuk saya dan Kapolri mengantarkan Pak jokowi," kata Agus usai bertemu Jokowi, Ahad (20/10/2024).

Hal senada juga disampaikan oleh Listyo. Ia bersyukur lantaran seluruh kegiatan Presiden ke-7 hingga tiba di kediamannya berjalan dengan lancar.

"Dari rangkaian yang ada Alhamdulillah semua berjalan baik kegiatan pengamanan. Kita tahu dari kediaman MPR, Istana lanjut kepulangan Pak Jokowi ke Solo. Walaupun kita tahu semua situasi di lapangan namun Alhamdulillah sesuai perintah Presiden Prabowo untuk menjaga mengawal pengantar memastikan kegiatan berjalan baik semua telah selesai," katanya.

Ketika ditanya soal acara yang dilangsungkan secara tertutup di kediamannya tersebut, Listyo enggan mengungkapkannya. Ia hanya meminta awak media untuk menanyakan langsung kepada Jokowi. "Tanyakan langsung ke beliau," katanya.

Usai acara tersebut Kapolri langsung terbang bersama panglima TNI ke Jakarta. Ia juga mengaku telah pamitan dengan Jokowi.

"Saya dan Panglima kembali ke Jakarta, yang jelas kami secara resmi telah mengantarkan beliau karena semua sudah terlaksana dan berjalan lancar dan kami pamit karena semua sudah terlaksana berjalan lancar," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement