Jumat 18 Oct 2024 05:52 WIB

Sekali Serang, Hizbullah Tewaskan Dua Komandan Pasukan Elite Israel

Hizbullah telah menghancurkan sebanyak 17 tank Merkava Israel dalam 14 hari.

Anggota Brigade Golani dengan panji kuning berbaris di perbatasan Israel-Gaza.
Foto: IDF
Anggota Brigade Golani dengan panji kuning berbaris di perbatasan Israel-Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT – Militer Israel pada Kamis malam mengkonfirmasi kematian lima tentara dari pasukan elite Brigade Golani selama pertempuran sengit di Lebanon selatan. Dalam insiden itu, Hizbullah berhasil menewaskan sejumlah komandan pasukan, menambah kerugian besar yang ditimbulkan kelompok itu pada pasukan penjajah.

Merujuk the Times of Israel, di antara lima yang tewas adalah seorang komandan kompi berpangkat mayor, seorang komandan tim berpangkat kapten, dan pemimpin regu berpangkat sersan. 

Baca Juga

Dalam penjelasan rincinya, tentara Israel melaporkan bahwa pasukan Golani memasuki sebuah gedung pada Rabu dengan dukungan udara. Begitu masuk, mereka mendapat serangan dari beberapa pejuang Hizbullah, yang melancarkan serangan terkoordinasi.

Petugas lainnya dan dua tentara terluka parah dalam insiden tersebut. Sejumlah tentara lainnya terluka parah dalam pertempuran di Lebanon selatan. Dalam salah satu insiden, seorang perwira dan dua insinyur tempur dari Batalyon 8173 Brigade Etzioni terluka parah, begitu pula seorang prajurit dari unit logistik batalion tersebut. Luka-luka tersebut berasal dari serangan rudal anti-tank.

Seorang prajurit dari Batalyon 12 Brigade Golani juga terluka parah dalam baku tembak dengan pejuang Hizbullah. Di Jalur Gaza selatan, seorang prajurit dari Batalyon 450 Brigade Bislamach, batalion yang sama yang membunuh pemimpin Hamas Yahya Sinwar, juga terluka parah dalam pertempuran melawan pejuang.

Hizbullah terus melakukan operasi terhadap pasukan pendudukan Israel yang mencoba menyusup ke Lebanon selatan, hingga saat ini sudah ada enam belas operasi yang dilakukan pada Kamis, menargetkan pertemuan tentara Israel di sepanjang perbatasan.

Kelompok itu  mengumumkan pada Kamis bahwa pejuangnya secara langsung menargetkan dua tank Merkava Israel di datarn tinggi al-Labbouneh dengan peluru kendali, yang mengakibatkan kehancuran dan anggota awaknya terbunuh dan terluka.

Hal ini meningkatkan jumlah Merkava yang hancur di lokasi yang sama menjadi empat unit dalam satu hari. Pada pukul 00.50 dan 02.00, dua peluru kendali yang diluncurkan oleh Hizbullah menghantam dua tank lainnya, menyebabkan kebakaran dan memastikan adanya korban jiwa dan cedera di antara pasukan Israel.

photo
Manuver tank Israel di Israel utara dekat perbatasan Israel-Lebanon, Senin, 30 September 2024. - (AP Photo/Baz Ratner)

Koresponden Almayadeen di Lebanon selatan menunjukkan bahwa, sejak awal pengumuman serangan darat Israel di Lebanon, militer Israel telah kehilangan 17 Merkava dalam 17 hari di tangan pejuang Perlawanan Hizbullah.

Dalam upaya untuk menyembunyikan kerugian dan menyelamatkan sisa-sisa peralatan mereka, pasukan pendudukan Israel melepaskan tembakan keras ke arah al-Labbouneh dan al-AllAM untuk mencoba menarik kendaraan dan pasukannya, menurut Kantor Berita Nasional Lebanon.

Perlawanan Lebanon tanpa henti menghadapi pasukan infanteri yang mencoba menyerang Lebanon di front utara, menjebak mereka dalam serangan yang rumit, dan membunuh serta melukai unit mereka.

Situs web Israel Walla melaporkan sebelumnya hari ini bahwa serangan pesawat tak berawak Hizbullah pekan ini di ruang makan Brigade Golani di daerah Binyamina, yang menyebabkan terbunuhnya empat tentara dan melukai lebih dari 60 orang lainnya, telah mengguncang “Israel” dan mengejutkan jenderal militer Israel.

photo
Tentara Israel membawa peti mati Sersan. Kelas Satu Nazar Itkin, yang terbunuh dalam operasi darat Israel melawan militan Hizbullah di Lebanon, saat pemakamannya di Kiryat Ata, Israel, Ahad, 6 Oktober 2024. - ( AP Photo/Baz Ratner)

“Bencana” di pangkalan Brigade Golani di Selatan Haifa menegaskan kembali ketidakmampuan aparat keamanan Israel dalam menghadapi drone, menurut situs web tersebut. “Sementara dunia mendapat pelajaran penting dari perang di Ukraina, tentara Israel masih berusaha mencari solusi,” lebih lanjut Walla menunjukkan. 

Demikian pula, surat kabar Israel Maariv sebelumnya menggambarkan operasi tersebut sebagai insiden yang sangat sulit, mengganggu, membawa bencana, dan problematis bagi pasukan pendudukan, dan menekankan bahwa "Israel saat ini tidak memiliki sistem intersepsi khusus untuk menangani drone yang diluncurkan ke Israel dari Lebanon. Gaza, Suriah, Irak, Iran, dan Yaman.”

Operasi tersebut, yang diberi nama “Bencana Drone”, telah meninggalkan perasaan sangat terluka, ketidakmampuan, dan putus asa, kata surat kabar itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement