Senin 14 Oct 2024 19:44 WIB

Dito Ariotedjo Jadi Kader Golkar Keenam yang Masuk ke Kediaman Prabowo

Sudah enam orang kader Golkar, termasuk Bahlil yang akan menjadi menteri Prabowo.

Menpora Dito Ariotedjo dipanggil ke kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024) malam WIB.
Foto: Republika/Alfian Choir
Menpora Dito Ariotedjo dipanggil ke kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDIP sekaligus Menpora Dito Ariotedjo dipanggil ke kediaman pribadi Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024) malam WIB. Dito hanya tersenyum dan melambaikan tangan kepada wartawan yang menunggunya di pagar rumah Prabowo.

"Tadi diskusi dengan Presiden Terpilih Pak Prabowo, ada kepedulian beliau lebih terhadap kepemudaan dan olahraga," kata Dito singkat usai bertemu Prabowo.

Baca Juga

Dalam catatan Republika.co.id, Dito adalah kader Golkar keenam yang akan menjadi menteri di kabinet Prabowo periode 2024-2029. Sebelumnya, Prabowo sudah memanggil mantan bupati Batang Wihaji, Agus Gumiwang Kartasasmita, Maman Abdurrahman, Nusron Wahid, dan Ketua Umum Bahlil Lahadalia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri ESDM Bahlil Lahadalia diminta oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk kembali membantu pemerintahan mendatang. Bahlil mengatakan hal tersebut usai menghadap Prabowo di rumah Kertanegara IV di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Senin sore WIB.

Dalam pertemuan tersebut, kata Bahlil, Prabowo memintanya untuk tetap menjaga kekayaan sumber daya alam Indonesia. "Ya, tadi dibahas soal bagaimana kita harus menjaga kedaulatan sumber daya alam kita," kata Bahlil. Menurut Bahlil, tentang pos kementerian apa yang sebenarnya bakal diamanahkan kepadanya, tinggal menunggu Prabowo mengumumkan.

"Nanti saja. Nanti diumumkan oleh Bapak Presiden (Prabowo). Tapi intinya, tidak jauh-jauh apa yang sudah saya lakukan selama ini," ucap Bahlil.

Selain Bahlil, 24 nama lain yang dikabarkan bakal ditunjuk sebagai menteri oleh Prabowo, pun dipanggil satu per satu. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan serta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar juga turut dipanggil.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut, Presiden Terpilih Prabowo bakal memberi pembekalan kepada semua menterinya di kediamannya di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/10/2024). Dasco menjelaskan, acara pembekalan itu juga bakal dihadiri oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

"Besok ada acara pembekalan singkat calon menteri di Hambalang, diagendakan wapres terpilih akan ada di sana," kata Sufmi Dasco saat ditemui di depan kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan, Senin.

Prabowo sejak pukul 15.00 WIB memanggil sejumlah tokoh yang berasal dari kalangan profesional, politikus, birokrat, akademisi, pejabat aktif Polri, dan pejabat teras organisasi masyarakat (ormas), untuk datang ke kediamannya dan berbicara empat mata dengan dirinya secara bergantian.

Dasco menyebut, sebagian tokoh-tokoh yang datang menghadap ke Kertanegara hari ini ada yang sudah pasti masuk dalam kabinet sebagai menteri pemerintahan Prabowo. Tetapi, ada juga sejumlah nama yang masih dipertimbangkan masuk ke dalam kabinet.

“Ada yang pasti, ada yang masih dipertimbangkan, kalau yang keluar mukanya cerah, itu sudah pasti. Cerah semua? Alhamdulilah kalau begitu," kata wakil ketua DPR RI tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement