Rabu 09 Oct 2024 12:12 WIB

Mimpi Liburan ke Indonesia Berakhir Tragis, Turis Amerika Tewas, Tubuhnya Dimakan Hiu

Colleen Monfore sempat dilaporkan hilang saat menyelam di sekitar Pulau Reong.

Ilustrasi ikan hiu.
Foto: EPA/Helmut Fohringer
Ilustrasi ikan hiu.

REPUBLIKA.CO.ID, PULAU REONG -- Keinginan seorang turis asal Amerika untuk menikmati liburan di Indonesia berubah jadi mimpi buruk. Colleen Monfore meninggal diduga diserang oleh ikan hiu. 

Tubuh Monfore, dari Michigan, bahkan ditemukan di dalam perut hiu setelah ia terseret ke laut oleh arus yang kuat.

Baca Juga

Menurut laporan, Monfore, 68 tahun, dan enam orang temannya sedang menikmati perjalanan menyelam di sekitar Pulau Reong. Dia terseret arus kuat pada 26 September - dan pemandu kapal tidak dapat menariknya kembali.

Seorang nelayan menangkap hiu tersebut di Timor Leste pada Ahad. “Hiu itu tertangkap tetapi tidak dalam kondisi sehat. Saya pikir hiu itu telah menelan plastik atau jaring ikan,” kata nelayan tersebut.

“Hiu itu dibedah untuk menemukan masalahnya dan di dalamnya terdapat bagian tubuh seorang wanita.”

Pejabat setempat mengatakan bahwa mayat tersebut mengenakan pakaian selam hitam ketika ditemukan dari perut hiu.

Sebuah foto mengerikan dari tempat kejadian menunjukkan hiu yang mati terbelah lebar - dengan sisa-sisa tubuh yang diduga manusia di latar belakangnya.

Penyelidikan sedang berlangsung. Para pejabat mengatakan bahwa Timor Leste - yang juga dikenal sebagai Timor Leste - bukanlah wilayah Indonesia.

“Kami sedang menyelidiki kasus ini lebih lanjut untuk memastikan apakah itu adalah sisa-sisa orang yang dilaporkan hilang di Indonesia,” kata Muhammad Saleh Goro, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelolaan Taman Nasional Laut Pulau Alor.

“Dari pakaian selam yang dikenakan korban, diduga korban adalah seorang penyelam. Hasil investigasi akan segera dipublikasikan setelah ada informasi yang lebih lengkap..

“Laporan sementara dari Timor Leste, korban yang diserang hiu itu adalah seorang perempuan asing.”

Kantor berita Antara melaporkan, sebelumnya Monfore hilang di perairan Pulau Reong, Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Maluku pada 26 September dan upaya pencarian yang berlangsung selama lebih dari sepekan belum membuahkan hasil.

Pada 3 Oktober setelah berkoordinasi dengan Basarnas Ambon, Propinsi Maluku, akhirnya operasi pencarian WNA atas nama Carol Collen Monfore oleh siaga Basarnas Kalabahi Propinsi NTT dinyatakan berakhir pada pukul 15:30 WIT.

Sesuai pengumpulan data dan informasi oleh Seksi Humas Polres MBD diketahui bahwa awalnya pada Kamis, sekitar pukul 09.00 WIT korban bersama enam rekannya dengan didampingi tour guide menyelam di sekitar perairan Pulau Reong.

Kondisi laut saat itu dipengaruhi oleh adanya pergerakan arus bawah air yang kencang dan deras sehingga diduga korban terseret arus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement