Sabtu 28 Sep 2024 17:00 WIB

Mahasiswa Prodi Sains Data UNM Jadi Contoh Inspirasi Mahasiswa Baru

Kegiatan SERASI membangkitkan semangat mahasiswa baru melalui kisah inspiratif.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) terus memotivasi mahasiswanya untuk berprestasi melalui berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan diri, salah satunya adalah Seminar Inspirasi (SERASI).
Foto: dok Republika
Universitas Nusa Mandiri (UNM) terus memotivasi mahasiswanya untuk berprestasi melalui berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan diri, salah satunya adalah Seminar Inspirasi (SERASI).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Nusa Mandiri (UNM) terus memotivasi mahasiswanya untuk berprestasi melalui berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan diri, salah satunya adalah Seminar Inspirasi (SERASI), acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024, pada Ahad (22/9/2024).

Kegiatan SERASI ini membangkitkan semangat mahasiswa baru melalui kisah inspiratif dari mahasiswa berprestasi. Pasalnya, dalam acara ini, mahasiswa program studi (prodi) Sains Data Universitas Nusa Mandiri (UNM), pamer berbagai prestasi yang pernah diraih.

Baca Juga

Salah satunya, Dewi Rahmawati, mahasiswa Prodi Sains Data yang berprestasi sebagai penerima pendanaan Pekan Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) 2023 dan lolos Studi Independen Batch 7 Tahun 2024, di Tia Academy dengan posisi Data Scientist.

Dewi mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya berhasil mendapatkan pendanaan PKM-K 2023 sebesar 6 Juta Rupiah dari Kemendikbudristek. Ia menjelaskan bahwa pendanaan tersebut sangat membantu dalam mengembangkan Aplikasi QuCerdas, platform pembelajaran baca berbasis Android yang inovatif.

“Mendapatkan pendanaan PKM-K 2023 dari Kemendikbudristek adalah sebuah kehormatan besar bagi saya. Dana ini sangat membantu dalam mewujudkan ide tim QuCerdas untuk mengembangkan Aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan baca anak-anak secara interaktif,” ungkap Dewi.

Dewi juga menyampaikan sangat senang berhasil lolos Program Studi Independen Batch 7 di TIA Academy dengan posisi sebagai Data Scientist. “Lolos dalam Program Studi Independen Batch 7 di TIA Academy sebagai Data Scientist adalah kesempatan luar biasa bagi saya. Saya merasa ini akan memberikan pengalaman langsung yang sangat berharga, terutama dalam menerapkan ilmu data science di dunia industri yang sesungguhnya,” paparnya.

Melalui program MSIB ini, kata Dewi menjadi sebuah kesempatan untuk mengasah keterampilan di dunia nyata, sekaligus meningkatkan soft skill yang sangat dibutuhkan di abad 21, seperti kolaborasi, komunikasi, dan problem-solving. Tak lupa, Dewi juga memotivasi mahasiswa baru Prodi Sains Data untuk aktif berorganisasi, terlibat dalam berbagai kegiatan di luar perkuliahan, dan mengikuti kompetisi guna meningkatkan daya saing di dunia kerja.

“Saya mendorong teman-teman mahasiswa baru untuk tidak hanya fokus pada perkuliahan, tetapi juga aktif berorganisasi, mengikuti kegiatan di luar kelas, serta berpartisipasi dalam kompetisi. Semua ini akan membantu kalian mengasah kemampuan yang dibutuhkan untuk bersaing di dunia kerja yang semakin dinamis,” tegas Dewi.

Sementara itu, Tati Mardiana, Kaprodi Sains Data UNM, menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa sains data yang telah meraih berbagai prestasi.

“Saya menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Sains Data. Ini menunjukkan bahwa para mahasiswa Prodi Sains Data Universitas Nusa Mandiri (UNM) memiliki kemampuan dan potensi luar biasa untuk bersaing, baik di tingkat nasional maupun internasional,” jelas Tati dalam rilis yang diterima (25/9).

Ia juga menjelaskan Prodi Sains Data sangat mendukung dan mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi, baik akademik maupun non akademik.

“Prodi Sains Data berkomitmen untuk terus mendukung dan memotivasi mahasiswa dalam meraih prestasi. Kami merancang berbagai program dan kegiatan yang bertujuan membantu mahasiswa mengembangkan potensi terbaiknya, melalui penelitian, kompetisi, maupun proyek-proyek inovatif lainnya,” tutup Tati.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement