Kamis 19 Sep 2024 07:57 WIB

Tragedi Ledakan Pager, Pengusaha Lebanon Tergiur Harga 'Murah', Hizbullah Lalai

Perusahaan Taiwan menyerahkan pembuatan pager itu perusahaan di Eropa.

Setidaknya 9 orang tewas, dan sekitar 2.800 lainnya terluka, 200 di antaranya luka parah, setelah ratusan ‘pager’ atau penyeranta meledak di seluruh Lebanon, Selasa (17/9).
Foto:

Ia mengatakan kepada wartawan bahwa perusahaannya telah menandatangani perjanjian tiga tahun lalu dengan perusahaan yang berbasis di Eropa bernama BAC.

Perjanjian tersebut memberi perusahaan tersebut hak untuk memproduksi desain pager dan menggunakan logo perusahaannya. "Kami hanya memberikan otorisasi merek dagang dan tidak terlibat dalam desain atau produksi produk ini," katanya.

Gold Apollo kini mengatakan bahwa perusahaan tersebut, BAC, berpusat di Budapest, Hungaria.

Cedera mata

Elias Jradeh, seorang anggota parlemen dan seorang dokter mata, mengatakan bahwa cedera yang ia lihat sebagian besar terkonsentrasi di mata, wajah, dan tangan. "Banyak orang memegang pager di wajah mereka untuk membaca pesan yang mereka terima ketika perangkat itu meledak," kata Jradeh kepada MEE.

"Mereka mengalami kerusakan pada satu atau kedua mata dan dalam beberapa kasus kerusakan tersebut tidak dapat diperbaiki. Yang lainnya juga mengalami kerusakan wajah."

Menurut sumber yang dekat dengan Hizbullah, pager yang meledak itu tidak digunakan oleh para pejuang, melainkan oleh jaringan luas anggota sipil partai yang bekerja di berbagai lembaga, termasuk tenaga medis, administrator, pekerja media, dan lain-lain.

Sumber tersebut mengatakan pager umumnya digunakan untuk arahan, pemanggilan, keadaan darurat, atau untuk menunjukkan keadaan siaga.

Bukan kali pertama

Namun, ini juga bukan pertama kalinya Israel terlibat dalam pembunuhan atau serangan spektakuler lainnya dan hasilnya menjadi bumerang – atau situasi tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Sebuah telepon seluler yang disabotase telah digunakan sejak Januari 1996 untuk meledakkan Yahya Ayyash, yang saat itu merupakan kepala pembuat bom Hamas, di Kota Gaza.

Ayyash, yang dikenal sebagai "Sang Insinyur", dianggap bertanggung jawab atas strategi melakukan serangan bunuh diri terhadap bus penumpang Israel – tetapi pembunuhannya memicu gelombang baru pengeboman bus dan tidak banyak membantu meredakan krisis saat itu.

Khaled Meshal, pemimpin Hamas lainnya, selamat dari percobaan pembunuhan pada tahun 1997. Meshal, yang saat itu menjadi pemimpin politik Hamas, disuntik racun di telinganya dalam sebuah operasi yang diizinkan oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, saat berada di Yordania.

Meshal selamat, dan beberapa agen Israel yang bertanggung jawab ditangkap – yang mendorong Raja Hussein dari Yordania untuk membatalkan perjanjian damai dan mengancam akan menggantung para pelaku kecuali jika penawar racun diberikan. Israel yang malu terpaksa melakukannya.

Lima jam setelah tiba di Dubai pada bulan Februari 2010, Mahmoud al-Mabhouh, seorang pemimpin Hamas yang bertanggung jawab atas pengadaan senjata, dibunuh di kamar hotelnya oleh tim yang terdiri dari 11 pembunuh yang menggunakan paspor Eropa palsu untuk menyembunyikan identitas mereka.

Hamas menuduh Israel berada di balik rencana tersebut, beberapa aspeknya dapat dilihat dalam rekaman CCTV yang dirilis oleh otoritas Dubai. Beberapa agen mengubah penyamaran mereka dalam operasi mematikan yang, meskipun rumit, terdeteksi.

Sejak dimulainya perang terakhir Israel dengan Hamas, telah terjadi banyak upaya untuk menghabisi para pemimpin kelompok militan Palestina tersebut.

Ismail Haniyeh, yang saat itu menjadi pemimpin politik kelompok tersebut, terbunuh oleh "proyektil jarak pendek" di Teheran pada bulan Agustus – yang memicu peringatan dari Iran bahwa mereka akan menanggapi dengan tindakan militer langsung terhadap Israel.

Meskipun Iran telah menahan diri untuk tidak menyerang, perang antara Israel dan Hamas hampir memasuki tahun keduanya, dan ketegangan dengan Hizbullah di utara dapat dikatakan tidak pernah setinggi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement