Kamis 19 Sep 2024 08:40 WIB

Israel Terus Lakukan Teror, Einstein Ramalkan Kehancuran Zionisme

Israel didirkan dengan aksi yang dilakukan kelompok-kelompok teror.

Foto-foto anggota kelompok teror Yahudi Irgun yang dilansir kepolisin Palestina pada 1940-an. Menachem Begin (pojok kiri atas) nantinya menjabat sebagai perdana menteri Israel.
Foto: Wikipedia Commons
Foto-foto anggota kelompok teror Yahudi Irgun yang dilansir kepolisin Palestina pada 1940-an. Menachem Begin (pojok kiri atas) nantinya menjabat sebagai perdana menteri Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT – Dua hari berturut-turut Israel melakukan serangan ledakan alat-alat elektronik di Lebanon. Aksi yang disebut sejumlah pihak sebagai bentuk terorisme ini ternyata punya akar jauh pada masa-masa menjelang berdirinya negara Zionis di Palestina.

Dalam insiden terbaru, beberapa ledakan yang terjadi di berbagai wilayah di Lebanon menewaskan sedikitnya 20 orang dan melukai lebih dari 450 lainnya pada Rabu. Serangan itu hanya sehari setelah ledakan simultan pada pager yang digunakan oleh anggota Hizbullah menewaskan 12 orang termasuk seorang gadis kecil dan melukai hampir 3.000 orang.

Baca Juga

Serangan ini mengingatkan kembali bahwa negara Israel adalah entitas yang ditegakkan dengan terorisme. Bahkan sejak 1920, kelompok teroris Yahudi Haganah telah beroperasi menimbulkan kekacauan di Palestina. Mereka membunuhi penduduk Palestina untuk memberi ruang bagi berdirinya negara Israel.

Peneliti Sarmad Ishfaq menuliskan di Paradigm Shift , ketidakpuasan dalam kelompok tersebut menyebabkan perpecahan dan terbentuknya faksi yang lebih keras seperti Irgun (atau Etzel) dan Lehi (atau Stern Gang).

Irgun, yang didirikan oleh Ze’ev Jabotinsky, seorang pemimpin Zionisme revisionis, mengalami konflik ideologi internal, terombang-ambing antara menahan diri dan menganjurkan serangan aktif terhadap orang-orang Arab dan Inggris. Selama Revolusi Arab tahun 1936-1939, yang meletus karena ketidakpuasan terhadap pemerintahan Inggris, akuisisi tanah Zionis, perampasan, dan utang, kebijakan pengendalian diri Irgun secara bertahap terkikis.

Pada Juli 1937, bahkan Jabotinsky, yang awalnya menentang tindakan pembalasan, menyerah pada tekanan yang semakin besar untuk menyerang orang-orang Arab. Irgun melancarkan kampanye besar-besaran tanpa pandang bulu yang dikenal sebagai Minggu Hitam pada tanggal 14 November 1937, yang mengakibatkan kematian banyak orang Arab.

Buku Putih Inggris pada tahun 1939, yang membatasi migrasi Yahudi ke Palestina, semakin memicu permusuhan Irgun terhadap Inggris. Perang Dunia II memberikan kesempatan bagi Irgun untuk mengintensifkan serangannya terhadap pemerintahan Inggris, dengan meningkatkan akses terhadap persenjataan. Namun, ketidaksepakatan dalam organisasi menyebabkan perpecahan lagi, yang mengakibatkan terbentuknya Lehi pada tahun 1940.

Meskipun jumlahnya lebih kecil, pembunuhan dan serangan teroris yang dilakukan Lehi mempunyai dampak yang signifikan di Palestina dan menarik perhatian internasional.

Kelompok ini menggunakan berbagai taktik, termasuk pembunuhan, penyerangan terhadap jalur transportasi, penembakan, dan penggunaan alat peledak. Di antara tindakan mereka yang paling terkenal adalah serangan terkenal yang dikenal sebagai Black Sunday, di mana unit Irgun di sekitar Yerusalem membunuh 10 orang Arab dan menyebabkan banyak lainnya terluka. Irgun dengan berani memproklamirkan hari ini sebagai “Hari Pecahnya Havlagah,” memperingatinya dengan penuh kebanggaan.

Irgun melakukan lebih dari 60 serangan terhadap orang-orang Arab selama Pemberontakan Arab. Di Haifa, sebuah bom Irgun meledak di pasar Arab yang ramai pada tanggal 19 Juni 1938, menyebabkan kematian 18 orang Arab, termasuk wanita dan anak-anak, dan melukai 24 lainnya. Insiden tragis lainnya terjadi pada bulan Juli 1938, ketika sebuah ranjau yang ditanam oleh Irgun di pasar Haifa merenggut nyawa lebih dari 70 orang Arab.

Ketika Irgun mengalihkan fokusnya ke pemerintah Inggris pada tahun 1939, pemboman yang menargetkan instalasi dan personel Inggris menjadi lebih sering terjadi. Pada bulan Desember 1945, pemboman di markas besar CID Inggris di Yerusalem mengakibatkan kematian tiga polisi Inggris dan empat tentara Sotho.

Salah satu aksi terorisme paling terkenal yang dilakukan oleh Irgun adalah pemboman Hotel King David di Yerusalem, kantor pusat otoritas Mandatori Inggris. Bom tersebut, yang ditanam di ruang bawah tanah oleh anggota Irgun, menewaskan lebih dari seratus orang, termasuk warga sipil keturunan Arab, Inggris, dan Yahudi. Demikian pula, Lehi terlibat dalam serangan tercela.

Pada November 1944, mereka membunuh Lord Moyne, menteri residen Inggris di Timur Tengah, sebagai representasi simbolis dari sikap Inggris yang tidak kenal kompromi. Pada 4 Januari 1948, Lehi memperkenalkan dunia pada bentuk teror baru: bom mobil. Serangan mereka terhadap gedung Saraya di Jaffa mengakibatkan kematian 28 warga Arab, termasuk warga sipil, dan melukai ratusan lainnya. Penggunaan bom mobil menjadi lazim tidak hanya di kalangan Israel sebelum kemerdekaan terhadap warga Palestina tetapi juga di kalangan kelompok militan lainnya di Timur Tengah.

Aksi terorisme paling keji yang dilakukan oleh Irgun dan Lehi adalah Pembantaian Deir Yassin. Pada April 1948, merujuk the Palestine Chronicle, sekitar 120 teroris dari Irgun dan Lehi memasuki desa Palestina dan membantai antara 100 hingga 250 pria, wanita, dan anak-anak.

photo
Suasana pembantaian di Deir Yassin yang dilakukan kelompok teror Irgun dan Lehi pada 1948. - (Wikipedia Commons)

Beberapa meninggal karena tembakan, yang lain karena granat tangan yang dilemparkan ke rumah mereka. Orang lain yang tinggal di desa yang damai itu dibunuh setelah dibawa dalam parade yang mengerikan melalui Yerusalem Barat. Ada juga laporan pemerkosaan, penyiksaan dan mutilasi.

Kelompok-kelompok teror itu juga melakukan pembantaian desa-desa seperti di Saliha (70-80 syahid), Lod (250 syahid), dan Abu Shusha (70 syahid). Perdana menteri pertama Israel, Ben Gurion, membungkam kontroversi tersebut dan dia melindungi semua orang yang terlibat.

Menachem Begin, pemimpin Irgun pada 1944, kemudian mendirikan Partai Herut yang kemudian menjadi Partai Likud dan terpilih sebagai perdana menteri Israel ke-6. Likud adalah partai yang berkuasa di Israel dan menempatkan Benjamin Netanyahu sebagai perdana menteri Israel saat ini.

Yitzhak Shamir, pemimpin Lehi pada tahun 1943, bertugas di Mossad dan menjadi perdana menteri Israel ke-7. Anggota Lehi lainnya, Yaakov Heruti, yang dikenal sebagai pionir pemboman mobil, kemudian mendirikan partai politik sayap kanan dan berperan dalam memfasilitasi aktivitas pemukim di wilayah pendudukan. Kurangnya akuntabilitas ini memungkinkan kecenderungan teroris Irgun dan Lehi meresap ke dalam lembaga politik dan keamanan Israel.

photo
Surat Albert Einstein pada 1948 yang meramalkan bencana bagi Zionisme jika teror terus dilakukan. - (Wikipedia Commons)

Akar panjang terorisme ini, menurut Sarmad Ishfaq, menunjukkan bahwa sejak awal Israel memang bertumpu pada strategi-strategi terorisme untuk keberadaannya.

Hal ini, sempat disebut oleh fisikawan ternama Albert Einstein yang merupakan seorang Yahudi akan jadi bencana dan akhir dari Zionisme. Surat khusus itu ditulis kurang dari 24 jam setelah berita tentang pembantaian yang dilakukan Irgun dan Lehi di Deir Yassin pada 1948.

"Ketika bencana nyata dan pamungkas menimpa kita di Palestina, pihak pertama yang bertanggung jawab adalah Inggris, dan pihak kedua adalah organisasi teroris yang dibangun dari pihak kita sendiri. Saya tidak ingin melihat siapa pun dikaitkan dengan orang-orang yang menyesatkan dan kriminal itu," tulisnya dalam surat kepada Shepard Rifkin, direktur eksekutif American Friends of the Fighters for the Freedom of Israel, yang berbasis di New York.

Menurut kolumnis Yvonne Ridley, Einstein yang merupakan ilmuwan Yahudi paling terkenal dalam sejarah mengetahui dari pendirian negara itu yang berdarah-darah bahwa Israel yang diciptakan dan dijalankan oleh kelompok sayap kanan yang fanatik dan bersenjatakan senjata tidak akan bisa bertahan. "Seharusnya tidak diperlukan seorang jenius untuk mengatakan hal itu kepada kita, tetapi demikianlah halnya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement