Rabu 18 Sep 2024 14:31 WIB

Pembelajaran Lebih Interaktif dan Menyenangkan, Guru SLB Manfaatkan Teknologi Digital

Guru harus mau mengikuti perkembangan dengan manfaatkan teknologi digital.

Komitmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendorong transformasi digital selama beberapa tahun belakangan telah mengubah cara pandang ekosistem pendidikan terkait pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Foto:

Di SLB Negeri 1 Harau, Cicah merasa, kesempatan menggunakan teknologi adalah hal membahagiakan bagi murid-muridnya. Terlebih dengan latar belakang ekonomi keluarga di sekolahnya yang hampir secara keseluruhan menengah ke bawah. Pemanfaatan teknologi sebagai metode pembelajaran bahkan menumbuhkan semangat untuk belajar.

“Setelah saya berikan kuis interaktif, bahkan ada murid yang biasanya ke sekolah itu sekali seminggu saja, kini datang setiap hari ke sekolah,” kata Cicah. 

Salah satu pencapaian terbaiknya mengajar selama 39 tahun, terang Cicah, adalah dengan membuat salah satu anak yang sebelumnya benar-benar tidak bisa membaca hingga bisa merangkai suku kata.

“Ada satu murid usianya 19 tahun, setelah saya gunakan media teknologi dan menghadirkan pembelajaran interaktif, mulanya ia tidak mengenal huruf sampai bisa merangkai suku kata dalam hitungan minggu. Masih sederhana memang. Tapi ini motivasi bagi saya untuk memperkaya lagi pengetahuan saya terkait teknologi digital,” kata Cicah mengatakan bahwa media interaktif telah membuat anak-anak sangat betah untuk belajar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement