Selasa 17 Sep 2024 12:35 WIB

OPM akan Bebaskan Pilot Selandia Baru tanpa Syarat, Ini Tawaran Waktu Penyerahan Sandera

Pembebasan sandera ini telah disetujui oleh seluruh pemimpin OPM.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Teguh Firmansyah
Kondisi pilot Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera OPM dalam foto yang dilansir pada Sabtu (14/4/2024).
Foto: Dok TPNPB-OPM
Kondisi pilot Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera OPM dalam foto yang dilansir pada Sabtu (14/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA — Kelompok separatisme bersenjata Papua Merdeka kembali menyampaikan kepada Indonesia untuk pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Marthens.

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB - OPM) Sebby Sambom mengatakan pembebasan pilot asal Selandia Baru tersebut akan dilakukan tanpa syarat, dan tuntutan. TPNPB, dalam proposalnya, sudah menyiapkan mekanisme pembebasan pilot yang sudah satu tahun lebih dalam penyanderaan.

Baca Juga

Sebby mengatakan, proposal pembebasan Kapten Philip kali ini,

merupakan hasil kesepakatan antara Markas Pusat TPNPB dengan seluruh pemimpin OPM di wilayah Papua. Terutama kata dia, kesepakatan dengan pemimpin OPM di wilayah Nduga, Papua Pegunungan, Egianus Kogeya yang merupakan pihak penyandera Kapten Philip.

Kesepakatan untuk membebaskan Kapten Philip, kata Sebby, hasil dari komunikasi yang dilakukan empat kali sepanjang Agustus 2024 lalu. “Dari hasil komunikasi tersebut, TPNPB, merekomendasikan untuk mengeluarkan proposal pembebasan pilot, dan itu diikuti oleh semua pihak,” begitu kata Sebby dalam siaran pers video yang diterima Republika, di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

“Kami menyetujui dan menyepakati akan lepaskan pilot Selandia Baru (Kapten Philip) demi kemanusian, tanpa syarat. Dan kami mencabut semua tuntutan hanya untuk pilot ini,” ujar Sebby.

Namun perihal tuntutan kemerdekaan Papua, kata Sebby, masih akan dilanjutkan sampai ke meja perundingan.

Dalam proposal pembebasan yang dilayangkan, TPNPB - OPM menyampaikan enam tahap dalam simulasi pembebasan. Kelompok bersenjata itu, meminta pemerintah Selandia Baru menyiapkan pesawat udara sipil dengan rute penerbangan Selandia Baru - Papua Nugini - Jayapura. Mereka juga meminta agar adanya partisipasi kehadiran pihak kepolisian, dan militer Selandia Baru. “Pesawat tiba di airport (bandara) Sentani, dan parkir untuk menunggu tim yang akan menjemput pilot tiba dari Nduga,” begitu dalam proposal tersebut.

Selanjutnya, kepolisian dan militer Selandia Baru berada di dalam pesawat penjemputan untuk mengawal Kapten Philip. “Dalam hal ini, jika tidak ada pesawat dari Selandia Baru, maka kami (TPNPB-OPM) akan carter (sewa) pesawat Air Nugini dari Papua Nugini,” begitu dalam proposal tersebut. TPNPB-OPM, juga meminta partisipasi kesaksian dari pewarta lokal, nasional, dan internasional yang menunggu di Bandara Sentani. Selanjutnya, dari Bandara Sentani, satu pesawat disiapkan untuk menjemput Kapten Philip di wilayah Nduga, Papua Pegunungan.

TPNPB menegaskan, pilot yang menerbangkan pesawat penjemputan Kapten Philip di Nduga, harus orang asli Papua. “Dua pesawat disiapkan untuk jemput pilot. Pesawat diterbangkan dari Jayapura menuju bandara yang akan disetujui oleh Panglima TPNPB wilayah III Ndugama Derakma Egianus Kogeya dan pasukannya,” begitu menurut proposal.

Setelah penjemputan, Kapten Philip diterbangkan ke Bandara Sentani-Jayapura. “Dan langsung dipindahkan ke pesawat Selandia Baru atau Air Nugini untuk kembali melewati wilayah Papua Nugini, dan melakukan konfrensi pers di Jackson Internasional Airport di Port Moresby, Papua Nugini,” begitu menurut proposal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement