Selasa 10 Sep 2024 06:48 WIB

Di Opening Ceremony, Menpora Ingatkan PON XXI 2024 Sarana Pemersatu Bangsa

Defile kontingen IKN di PON Aceh-Sumut disambut meriah.

Suasana pesta kembang api pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Senin (9/9/2024). PON 2024 yang berlangsung hingga 20 September 2024 telah dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo.
Foto:

Selain pembukaan secara resmi di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Provinsi Sumatera Utara tidak ingin kehilangan momentum untuk menyemarakkan pesta olahraga nasional empat tahun sekali itu.

Panitia Besar (PB) PON XXI Wilayah Sumatera Utara menyiapkan layar besar atau videotron untuk masyarakat yang ingin menonton pembukaan ajang tersebut di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.

Ketua Bidang Upacara PB PON XXI Wilayah Sumatera Utara, Mahfullah P Daulay, membeberkan videotron lebih dari lima meter itu ditempatkan di luar stadion, guna memfasilitasi masyarakat yang ingin menikmati dari luar venue.

"Jadi selain memfasilitasi yang tidak kebagian untuk membeli tiket gratis secara daring melalui website pon2024.id, kami juga menyiapkan layar besar untuk masyarakat yang memang ingin menonton dari luar stadion," kata pria yang kerap disapa Ipunk itu di Medan.

Dampak ekonomi

Tingkat hunian atau okupansi hotel di Kota Medan, meningkat 100 persen selama penyelenggaraan ajang olahraga yang diselenggarakan dari 9-20 September tersebut.

Sales Marketing Hotel Swiss-Belinn Gajah Mada Medan Dhian Afri membeberkan, okupansi di hotel tersebut sudah meningkat sejak 26 Agustus lalu dan meningkat dibandingkan awal bulan.

"Okupansi kami meningkat 100 persen sampai 21 September dan jumlah yang terisi hampir 100 kamar dari yang sebelumnya hanya 40an kamar," kata Dhian.

Lebih lanjut dia membeberkan, peningkatan terjadi karena adanya tamu dari kementerian dan kontingen yang mengikuti kegiatan pertandingan dalam PON tersebut.

Dari sektor usaha kuliner, Zainal Abidin Chaniago selaku pemilik Ucok Durian yang merupakan salah satu tempat makan durian paling ramai di Kota Medan, Sumatera Utara, mengatakan pengunjung di tempat kuliner khas itu meningkat 30 persen selama PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Ia membeberkan, menjelang pembukaan sampai Senin malam, jumlah pengunjung naik sebanyak 30 persen dibandingkan hari-hari biasanya sebelum ada PON.

"Yang datang memang banyak dari luar kota, dari Jakarta, Palembang, dan sejumlah provinsi di Pulau Kalimantan Palembang. Ada yang mengaku dari Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi juga," kata Zainal.

Seorang pengunjung asal Kalimantan Tengah, Rico Sampatan, mengakui kalau baru pertama kali datang ke tempat tersebut.

"Saya baru pertama kali datang kesini karena ada kerjaan terkait PON. Senang datang ke sini karena rasa buahnya sesuai harapan," ujar dia.

Ucok durian yang berada di Jalan Wahid Hasyim Kota Medan itu menjadi salah satu tujuan wisata kuliner andalan yang dikunjungi wisatawan domestik dan internasional.

Bahkan, para pesohor dan pejabat negara seperti Presiden Joko Widodo serta Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono telah mampir ke tempat tersebut.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement