Selasa 10 Sep 2024 06:39 WIB

Untuk Pertama Kalinya, Kontingen IKN Ikut dalam Defile PON XXI

Barisan defile IKN berjalan di urutan tiga terakhir sebelum Aceh dan Sumatra Utara.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN) ikut defile pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Senin (10/9/2024) malam WIB.
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN) ikut defile pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Senin (10/9/2024) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN) unjuk diri dalam defile acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin (10/9/2024) malam WIB. Barisan defile IKN berjalan pada urutan tiga terakhir sebelum Aceh dan Sumatra Utara selaku tuan rumah pentas olahraga nasional tersebut.

Barisan dipimpin oleh delapan atlet dan ofisial yang menggunakan baju adat dari berbagai provinsi, di antaranya Kalimantan Timur, Bali, Papua, hingga Jawa Tengah. Sedangkan rombongan di belakangnya memakai pakaian olahraga berwarna merah dengan aksen warna kuning dan topi warna putih.

Baca: Super Garuda Shield 2024 di Puslatpur 5 Marinir Juga Diisi Baksos

Ketika barisan IKN berjalan di atas panggung defile, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menpora Dito Ariotedjo menyunggingkan senyum bangga. Bahkan, Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga melambaikan tangannya seolah-olah menyapa para atlet dan ofisial yang juga sedang menyapa penonton.

Rombongan kontingen IKN juga mendapatkan sambutan meriah dari penonton yang hadir langsung di stadion. Tepuk tangan dan sorakan mengiringi kontingen anyar tersebut selama berjalan. Kontingen IKN mengirimkan 12 atlet dan ofisial untuk mengikuti empat cabang olahraga.

Baca: Anies Beri Ucapan HUT Ke-75 untuk SBY dan Ke-23 untuk Demokrat

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimuddin mengatakan, para atlet itu berlaga dalam cabang olahraga senam, panahan, layar, dan renang. Dia menerangkan, target utama IKN adalah membawa nama kontingen ini untuk pertama kalinya dalam pesta olahraga multicabang nasional tersebut.

PON 2024 menandai kali pertama pentas olahraga multievent nasional tersebut dilangsungkan di dua provinsi secara bersamaan, yakni Aceh dan Sumatra Utara. Sebanyak 65 cabang olahraga, 87 disiplin, dan 1.042 nomor pertandingan digelar di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumatra Utara dalam ajang kompetisi empat tahunan itu.

Empat daerah otonom baru (DOB) yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan melakoni debut mereka di PON, yang juga turut diikuti kontingen IKN. Sedikitnya 13 ribu atlet bersaing menjadi yang terbaik hingga upacara penutupan dalam pesta olahraga nasional yang berlangsung hingga 20 September 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement