Jumat 06 Sep 2024 23:00 WIB

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan Bela Timnas Indonesia, Erick Thohir: Sudah Salaman

Mees Hilgers mengumumkan akan membela Indonesia di akun Youtube FC Twente.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Bek Fc Twente Mees Hilgers
Foto: tangkapan layar Youtube FC Twente
Bek Fc Twente Mees Hilgers

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir terus berupaya membentuk timnas senior yang tangguh. Targetnya mencari 22 pemain yang memiliki kualitas tak jauh beda sehingga pelatih dengan enak melakukan rotasi.

Dikabarkan ada dua pemain naturalisasi lagi yang akan memperkuat timnas Indonesia dalam upaya mencetak sejarah lolos ke Piala Dunia 2026. Saat acara penandatanganan kerja sama Extra Joss dengan PSSI, Jumat (6/9/2024) sore, Erick Thohir menyatakan terus mencari pemain naturalisasi demi membentuk timnas yang tangguh.

Baca Juga

Ketika ditanya tentang dua nama, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Erick belum memberikan kepastian. "Belum salaman," kata dia saat itu.

Namun beberapa jam setelah acara yang digelar di Ayana Mid Plaza Jakarta, melalui akun resminya, Erick mengunggah foto dirinya sedang bersalaman dengan dua pemain asal Belanda tersebut.

Dalam keterangan dibawah foto tersebut Erick menulis, "Tadi sore banyak teman wartawan menanyakan kabar Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Ini saya sudah makan malam dan salaman."

Hilgers melalui akun Instagram @meeshilgerss pun mengomentari postingan Erick Thohir dengan emoji tangan tertangkup dan tanda hati.

Selebriti yang juga praktisi sepak bola Indonesia Darius Sinathrya pun mengomentari postingan tersebut dengan tulisan,"Welcome, welcome."

Selama ini, setiap unggahan salaman Erick berarti telah terjadi kesepakatan. Kebiasaan ini sudah diketahui netizen pecinta sepak bola Indonesia. Tak heran respons positif membanjiri unggahan Erick tersebut.

Eliano adalah bek kiri andalan PEC Zwolle. Adik bek AC Milan dan timnas Belanda Tijani Reijnders itu selalu menjadi starter. Darah Indonesia mengalir dari ibunya Angelina Lekatompessy yang berdarah Maluku.

Menurut laman Transfermarkt, nilai pasar Eliano saat ini berada di kisaran 650 ribu euro atau Rp 11 miliar.

Sementara Hilgers merupakan bek tengah FC Twente dalam beberapa musim terakhir, meskipun baru berusia 23 tahun. Ia sudah berpengalaman bermain di timnas Belanda kelompok umur, termasuk di level U-21. Hilgers punya ibu bernama Linda Tombeng yang berasal dari Sulawesi.

Penampilan yang konsisten membuat nilai pasar Hilgers terus menanjak. Saat ini, ia dihargai sebesar 7 juta euro atau sekira Rp 119 miliar.

Umumkan bela Indonesia

Tak berselang lama dengan unggahan Erick, akun Youtube FC Twente mengonfirmasi keputusan Hilgers. Dalam sebuah wawancara dengan kubnya, Hilgers mengumumkan akan membela timnas Indonesia.

"Ya, saya akan memilih bermain untuk Indonesia. Lebih tepatnya, saya sudah memutuskan. Saya sangat bangga saat ini," kata dia diiringi senyuman.

Ia mengaku sulit menjelaskannya, tetapi mengaku dibesarkan dengan pengaruh budaya dan makanan Indonesia dan. "Keluarga saya orang Indonesia. Tentu saja, saya juga punya keluarga orang Belanda," katanya.

Hilgers mengaku sudah tidak sabar membela Garuda. "Saya sangat menantikan petualangan ini dan sangat penasaran bagaimana rasanya di sana. Rekan satu tim saya di FC Twente juga sangat bahagia untuk saya dan mengucapkan selamat atas pilihan saya. Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa," ujarnya.

Kedatangan Hilgers dan Eliano akan membuat persaingan di lini belakang timnas Indonesia akan semakin ketat. Sebab, pelatih Shin Tae-yong sudah punya Jay Idzes, Sandy Walsh, Calvin Verdonk, Shayne Pattynama, Justin Hubner, Jordi Amat, dan Nathan Tjoe-A-On di barisan naturalisasi. Ada juga penggawa lokal Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Pratama Arham, dan M Ferrari yang juga kerap dipercaya turun dari bangku cadangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement