Jumat 06 Sep 2024 19:25 WIB

PKS Masih Berharap Sebagian Basis Pemilih Anies Coblos RK-Suswono di Pilgub Jakarta

PKS juga akan berupaya mempertemukan Ridwan Kamil dan Anies Baswedan.

Rep: Bayu Adji P, Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil membuat makanan khas betawi kerak telor disela bertemu dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Museum Betawi, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta, Rabu (4/9/2024). Ridwan Kamil bersilaturahim dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo untuk meminta nasihat serta menyerap aspirasi sebagai bekal maju dalam Pilgub Jakarta 2024.
Foto:

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengaku tak ambil pusing dengan basis pendukung Anies Baswedan, yang kemungkinan tak memilih cagub sokongan KIM Plus itu di Pilkada DKI Jakarta 2024. Bang Emil, begitu panggilan akrab Ridwan Kamil saat ini, mengaku dirinya bersama cawagubnya Suswono, optimistis bisa menjual gagasannya ke masyarakat untuk memenangkan Pilkada Jakarta.

Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu percaya diri bisa mencapai target 50 persen plus satu untuk menjadi penguasa utama di Jakarta 2024-2029. “Saya bukan soal basis siapa, basis siapa. Saya dari dulu, dua kali pilkada (di Jabar), saya jualan gagasan saja. Mau dia dulunya kuat di siapa, sama juga,”  kata Bang Emil saat menghadiri deklarasi relawan Emil-Suswono di Jakarta Selatan, Ahad (1/9/2024).

Emil, sebelum disorong 12 partai gabungan dalam KIM Plus, merupakan pemenangan pilkada dua kali di Jaawa Barat (Jabar). Pernah menjadi Wali Kota Bandung 2013-2018, dan menjadi gubernur Jabar 2018-2023. Kata dia, dari dua kali memenangi kontestasi kepemimpinan daerah tersebut, dirinya hanya menjadikan gagasan sebagai dagangan selama kampanye untuk menyingkirkan saingan-saingan politiknya.

“Saya kan (melawan) delapan pasang di Pilwalkot Bandung, melawan incumbent wakil wali kota, sekdanya, gubernur (pilgub) juga saya melawan wakil gubernur dulu Pak Dedi Mizwar, sama saja. Kalau saya, konsisten yang dijual adalah gagasan. Baik ke basis masa siapapun, yang saya jual gagasan lah, kira-kira begitu,” kata Bang Emil.

Karena itu, meskipun basis pendukung Anies Baswedan besar di Jakarta, tetapi Emil merasa yakin jualan gagasannya bisa mengambil hati masyarakat di Jakarta. Rival Ridwan Kamil - Suswono dalam Pilkada Jakarta 2024 bukanlah Anies Baswedan. Melainkan, adalah Pramono Anung - Rano Karno yang diusung oleh PDI Perjuangan, dan dari pasangan cagub-cawagub independen Dharma Pongrekun dan Kun Wardana.

Anies Baswedan, mantan Gubernur Jakarta 2018-2023 itu, gagal meraih tiket dukungan partai politik (parpol) untuk diusung kembali dalam Pilkada Jakarta 2024. Namun selama ini diyakini, Anies Baswedan merupakan tokoh yang paling populer, dengan tingkat elektabilitas tertinggi di antara semua cagub yang menjadi peserta Pilkada Jakarta.

Anies Baswedan, setelah gagal kembali diusung, sampai hari ini belum menentukan sikapnya untuk membantu pasangan cagub-cawagub yang mana. Akan tetapi, DPP PDI Perjuangan sudah meminta agar Anies Baswedan menjadi bagian dari tim pemenangan Pramono - Rano.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement